Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Lebih Cuek Soal Kesehatan Gigi

Kompas.com - 19/03/2008, 08:04 WIB

DALAM beberapa hal yang berkaitan dengan perawatan tubuh dan kesehatan, wanita  memang terbilang lebih peduli dan telaten.  Sebuah survei pun membuktikan bahwa kaum Hawa cenderung lebih memperhatikan kesehatan mulut sehingga kondisi gigi mereka secara umum lebih baik ketimbang para pria.

Berdasarkan hasil jajak pendapat, 10 dari 8 dokter gigi di Inggris menyatakan para wanita relatif lebih baik dalam merawat kesehatan mulut dan gigi daripada pria.  Selain itu, rata-rata satu dari 10 orang di negara tersebut tidak pernah berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksa kondisi kesehatan gigi atau mulut mereka.

Survei yang dipublikasikan Skynews ini merupakan jajak pendapat yang melibatkan sekitar 100 orang dokter gigi dan lebih dari 4.000 orang pasien.  Salah satu fenomena lain yang muncul adalah satu dari lima orang di Inggris tidak memiliki dokter gigi tetap.

Setengah dari partisipan survei mengatakan mahalnya biaya periksa  membuat mereka mempertimbangkan lagi untuk mengunjungi dokter gigi. Satu dari empat orang mengaku mereka kapok datang ke dokter gigi  karena takut setelah kunjungan yang pertama.

¨Sejak sensus tentang kesehatan gigi sebesar ini dilakukan hampir satu dekade lalu, masyarakat memahami bahwa kesehatan igi adalah hal penting,¨ ungkap Nigel Carter dari British Dental Health Foundation.

¨Namun begitu, masih kesadaran masih terlalu rendah dan secara khusus ada tingkat ketidakpedulian tentang begaimana kesehatan mulut berkaitan dengan kesehatan secara umum,¨ tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com