Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alergi pada Usia Dewasa

Kompas.com - 30/03/2008, 15:46 WIB

SAYA wanita berusia 36 tahun, sejak kecil menderita alergi (makanan laut, debu, dan udara). Selama SMP, SMA, dan kuliah, alergi saya tidak pernah kambuh lagi.

Herannya sejak tahun 2003 alergi saya kambuh kembali. Saya telah memeriksakan diri ke dokter alergi hingga tahap tes alergi, penyuntikan, obat-obatan yang cukup banyak mengeluarkan biaya dan memang alergi banyak berkurang.

Setelah tidak ke dokter lagi dan lepas dari obat, sampai sekarang saya masih kambuh meskipun gatal-gatalnya tidak sehebat dulu. Padahal, saya sudah berusaha mengurangi makan makanan atau hal lain yang menyebabkan alergi tersebut kambuh.

Sekarang, seminggu sebelum/sesudah saya datang bulan alergi kambuh hingga mengakibatkan gatal-gatal pada kulit di bagian kaki, tangan, dan paha yang sangat mengganggu, terutama penampilan saya.

Kenapa alergi tersebut bisa kambuh saat saya akan/selama datang bulan? Adakah hormon tertentu di dalam tubuh saya sehingga alergi kambuh? Apakah ada obat yg dapat menyembuhkan gatal-gatal pada saat akan/setelah datang bulan (haid)? Kenapa pada usia saya sekarang alergi masih kambuh, apa penyebabnya?

Dokter alergi saya pernah bilang, seharusnya dengan usia sekarang alergi saya tidak kambuh kembali. Saya mohon penjelasan Dokter, jawaban dari dokter akan sangat membantu saya. Terima kasih

T di J


Alergi dapat mengenai segala usia. Memang di bidang alergi dikenal kaitan antara alergi dan usia. Alergi kulit pada dermatitis atopik bisanya timbul pada anak. Sedangkan asma acapkali mulai muncul juga pada usia anak, tetapi pada usia yang lebih tua. Bahkan jika anak mengalami alergi kulit bentuk dermatitis atopik, maka risiko mengalami asma di kemudian hari menjadi lebih besar.

Pilek alergi timbul pada usia dewasa muda. Alergi yang Anda alami berupa gatal-gatal yang dalam istilah kedokteran disebut urtikaria. Sebenarnya penyebab urtikaria banyak. Salah satunya adalah alergi.

Pencetus urtikaria dapat berupa makanan, obat, udara dingin, atau panas. Tetapi, urtikaria juga mungkin disebabkan hormon seperti yang Anda alami. Anda pernah mengalami alergi sewaktu kecil, artinya Anda termasuk penderita atopi (punya kecenderungan terhadap alergi).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com