Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deteksi Mudah Alzheimer dan Parkinson

Kompas.com - 07/04/2008, 10:08 WIB

PENYAKIT degeneratif seperti  Parkinson atau pun Alzheimer selama ini memang sulit dideteksi sejak dini.  Namun di masa mendatang, setiap pasien akan lebih mudah mendeteksi gejala penyakit ini seperti halnya mengetes kadar kolesterol atau lemak dalam darah .  

Jika tak ada halangan, dalam waktu dekat  ini sebuah perusahaan asal Amerika Serikat bakal segera memasarkan semacam alat tes darah yang dapat mendeteksi dua jenis penyakit degenerasi ini.

Saat ini, tim yang terdiri dari para ahli masih terus mengembangkan alat tes darah ini yang dibuat  Power3 Medical Products ini.  Menurut laporan yang dirilis Chemistry and Industry,  produk ini dijadwalkan siap diluncurkan di Eropa pada musim panas ini.  

Parkinson dan Alzheimer merupakan dua jenis penyakit yang hanya dapat didiagnosa apabila gelaja-gejalanya telah muncul pada penderita.  Para ahli di Inggris berpendapat, tes darah ini sepertinya cukup memberikan harapan dalam mendeteksi gejala serta memantau penyakit ini, namun penyempurnaan teknologi masih tetap diperlukan.

Alat bantu monitoring
Alat tes darah yang disebut NuroPro ini pada dasarnya merupakan alat bantu untuk mengukur kadar 59 jenis biomarker atau protein dalam darah.  Kadar tertentu dari sejenis protein  dapat digunakan untuk membedakan antara kasus Alzheimer, Parkinson serta penyakit saraf degenaratif lainnya seperti penyakit Lou Gehrig.

Sejauh ini, lebih dari 180 pasien telah menjalani tes, dan perusahaan pembuat alat ini mengklaim sekitar 60 hingga 70 persen sukses dalam mengidentifikasi mereka yang mengalami Alezheimer, Parkinson atau  Lou Gehrig.  Percobaan klinis sejauh ini dilakukan di Amerika Serikat dan Yunani.

¨Saat ini belum ada satu pun alat tes diagnosa untuk jenis penyakit saraf degeneratif di pasaran. Diagnosa masih berdasarkan pada pemeriksaan klinis dari gejala-gejala yang muncul,¨ ungkap Steve Rash chief executive director Power3 Medical Products.

Sementara itu Kieraan Breen, direktur riset Parkinson´s Disease Society,  berpendapat  bahwa saat ini masih sulit untuk mendiagnosa jenis penyakit ini.

¨Sementara alat tes NuroPro menjanjikan sebuah harapan, sebuah riset besar perlu dilakukan sebelum alat ini dinyatakan dapat membantu membuat diagnosis Parkinson,¨ ujarnya.

¨Tes darah juga bisa sangat membantu dalam memonitoring perkembangan  Parkinson serta menentukan agen atau obat-obatan yang mengubah rata-rata perkembangan penyakit ini,¨ tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com