Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede 'Manausia Akar' Nyobos di RSHS

Kompas.com - 13/04/2008, 13:27 WIB

BANDUNG, MINGGU - Dede "Manusia Akar" yang masih menjalani perawatan di RS Hasan Sadikin Bandung ikut mencoblos Pilkada Jabar 2008 di TPS di RS Hasan Sadikin Kota Bandung, Minggu.
     
Dede yang hampir enam bulan dirawat di RS Hasan Sadikin untuk mengobati penyakit kutil ganasnya itu mencoblos di TPS 38 RS Hasan Sadikin Bandung.
     
Pria asal Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat itu memberikan hak suaranya di TPS khusus itu berbarengan dengan kunjungan Gubernur Jawa Barat H Danny Setiawan yang tengah melakukan peninjauan ke TPS khusus di rumah sakit itu.
     
Dede mengaku dari tiga pasangan calon gubernur dan calon gubernur (Cagub dan Cawagub) Jabar yang ada dalam surat suara tidak ada satupun yang dikenalnya. "Tapi saya pernah melihat yang berkumis," kata Dede.
     
Meski cukup sulit, akhirnya pria yang tahun 2007 sempat menghebohkan itu karena kasus penyakitnya disiarkan  di Discovery Channel, bisa memberikan hak suaranya.
      
Tapi berbeda dengan pemilih lainnya, Dede tidak mencelupkan jari tangannya yang dipenuhi kutil bak tinta di TPS itu, namun hanya digoreskan saja oleh petugas TPS 38.
      
Kondisi Dede sendiri berangsur membaik, dalam beberapa minggu ke depan Dede kembali akan menjalani operasi untuk mengangkat kutil ganasnya itu.
      
Dede merupakan pasien penderita kutil ganas atau human papiloma virus dan hingga saat ini pria itu sudah menjalani lima kali operasi yang dilakukan oleh tim dokter dari RS Hasan Sadikin Bandung.
      
Untuk melayani pemilih yang tengah dirawat atau menunggu kerabatnya di RS Hasan Sadikin Bandung, KPU Kota Bandung mendirikan tiga TPS khusus di rumah sakit itu.
     
Sedangkan bagi pasien, disiapkan TPS khusus yang dilakukan secara mobile dengan mendatangi para pasien ke ruangan perawatan masing-masing. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com