Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada DBD di Musim Pancaroba

Kompas.com - 13/04/2008, 20:13 WIB

 

JAKARTA, MINGGU  - Penyakit demam berdarah dengue (DBD) diperkirakan bakal kembali merebak di masa peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau, sepanjang April hingga Mei 2008. Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni, Minggu (13/4) mengatakan, di sejumlah kelurahan, jumlah warga yang terjangkit DBD makin meningkat.  

Di Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, misalnya, sejak Januari sampai April ini ada 14 warganya terjangkit. Di Kebon Melati, 15 warga juga terjangkit. "Ini menunjukkan, upaya memutus siklus hidup nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus DBD belum berhasil dengan baik. Di masa pancaroba, panas dan hujan silih berganti turut memicu perkembangbiakan nyamuk tersebut. Padahal, penyakit ini bisa sangat membahayakan dan berujung kematian, " kata Sylviana Murni.

Di Jakarta Pusat, jumlah penderita DBD pada bulan Maret mencapai 349 orang, sedangkan pada Februari, hanya 300 orang. Pekan pertama April, sedikitnya 100 orang di Jakarta Pusat sudah terjangkit DBD. Walikota Jakarta Pusat mengimbau warganya untuk tetap rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk agar terhindar dari DBD.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com