Waspada DBD di Musim Pancaroba

Kompas.com - 13/04/2008, 20:13 WIB
Editor

 

JAKARTA, MINGGU  - Penyakit demam berdarah dengue (DBD) diperkirakan bakal kembali merebak di masa peralihan dari musim hujan menuju musim kemarau, sepanjang April hingga Mei 2008. Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni, Minggu (13/4) mengatakan, di sejumlah kelurahan, jumlah warga yang terjangkit DBD makin meningkat.  

Di Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, misalnya, sejak Januari sampai April ini ada 14 warganya terjangkit. Di Kebon Melati, 15 warga juga terjangkit. "Ini menunjukkan, upaya memutus siklus hidup nyamuk Aedes Aegypti pembawa virus DBD belum berhasil dengan baik. Di masa pancaroba, panas dan hujan silih berganti turut memicu perkembangbiakan nyamuk tersebut. Padahal, penyakit ini bisa sangat membahayakan dan berujung kematian, " kata Sylviana Murni.

Di Jakarta Pusat, jumlah penderita DBD pada bulan Maret mencapai 349 orang, sedangkan pada Februari, hanya 300 orang. Pekan pertama April, sedikitnya 100 orang di Jakarta Pusat sudah terjangkit DBD. Walikota Jakarta Pusat mengimbau warganya untuk tetap rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk agar terhindar dari DBD.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.