Akupuntur Kurangi Kejang dan Nyeri Haid

Kompas.com - 03/05/2008, 23:06 WIB
Editor

SAAT para wanita mendapatkan haid, rasa sakit luar biasa biasanya terjadi dan tentu saja merepotkan. Namun, jangan khawatir, para ilmuwan dari Jerman mengatakan, akupuntur atau tusuk jarum ternyata dapat mnguangi gejala-gejala tidak mengenakkan ini. Dengan demikian para wanita bisa lebih produktif di saat-saat rawan seperti ini.

Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara kelompok yang ditusuk jarum dengan yang tidak. Mereka yang diterapi akupuntur, menurut Dr. Claudia Witt dari Charite University Medical Center di Berlin, setelah tiga bulan kebanyakan mengatakan rasa nyeri dan sakit ini berkurang hingga 33 persen.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa akupuntur juga bermanfaat bagi wanita untuk memelihara kesehatan secara menyeluruh," jelas Claudia yang mempublikasikan penelitian ini di American Journal of Obstetrics & Gynecology (Jurnal Kedoktern Kebidanan dan Kandungan Amerika).

Biasanya, obat-obatan anti inflamasi non steroid (non-steroidal anti-inflammatory drugs/ NSAIDs) digunakan untuk mengatasi rasa nyeri dan kejang. Namun, obat-obatan ini punya efek samping. Demikian dikatakan Witt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.