Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akupuntur Kurangi Kejang dan Nyeri Haid

Kompas.com - 03/05/2008, 23:06 WIB

SAAT para wanita mendapatkan haid, rasa sakit luar biasa biasanya terjadi dan tentu saja merepotkan. Namun, jangan khawatir, para ilmuwan dari Jerman mengatakan, akupuntur atau tusuk jarum ternyata dapat mnguangi gejala-gejala tidak mengenakkan ini. Dengan demikian para wanita bisa lebih produktif di saat-saat rawan seperti ini.

Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara kelompok yang ditusuk jarum dengan yang tidak. Mereka yang diterapi akupuntur, menurut Dr. Claudia Witt dari Charite University Medical Center di Berlin, setelah tiga bulan kebanyakan mengatakan rasa nyeri dan sakit ini berkurang hingga 33 persen.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa akupuntur juga bermanfaat bagi wanita untuk memelihara kesehatan secara menyeluruh," jelas Claudia yang mempublikasikan penelitian ini di American Journal of Obstetrics & Gynecology (Jurnal Kedoktern Kebidanan dan Kandungan Amerika).

Biasanya, obat-obatan anti inflamasi non steroid (non-steroidal anti-inflammatory drugs/ NSAIDs) digunakan untuk mengatasi rasa nyeri dan kejang. Namun, obat-obatan ini punya efek samping. Demikian dikatakan Witt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com