Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kloning Rambut Atasi Kebotakan

Kompas.com - 03/06/2008, 12:26 WIB

MEMPERBANYAK atau mengkloning sel-sel rambut di laboratorium diyakini dapat menawarkan solusi baru dan menjadi teknik potensial mengatasi problem kebotakan pada pria. 

Seperti dilaporkan BBC, Selasa (3/6), para ahli dari Inggris dalam riset pendahuluan berhasil mengembangkan teknik baru dengan cara mengambil sebagian kecil sel rambut, kemudian memperbanyaknya di lab dan menyuntikannya ke kulit kepala yang botak.

Enam bulan setelah perawatan, 11 dari 19 pasien kebotakan menunjukkan pertumbuhan rambut baru.  Meski demikian, peneliti masih harus melakukan riset lanjutan untuk memastikan apakah rambut baru tumbuh normal dan sama dengan aslinya.

Saat ini, sebenarnya telah tersedia berbagai teknik menumbuhkan rambut termasuk transplantasi. Pada metode ini, jumputan rambut (8 hingga 20 helai rambut) dari belakang kepala dipindahkan ke daerah yang diinginkan.  Namun teknik ini memiliki keterbatasan karena sangat bergantung pada jumlah rambut yang tersisa, atau dengan kata lain tak ada rambut baru yang ditumbuhkan.

Namun dengan metode baru ini, yang disebut "follicular cell implantation" , peneliti mengklaim dapat mengatasi keterbatasan suplai sel-sel rambut.  Jika penelitian lanjutan menunjukkan hasil positif, teknik baru ini kemungkinan akan dapat diaplikasikan dalam lima tahun de depan.

Kuncil dari temuan baru ini adalah kemampuan memperbanyak sel-sel rambut di laboratorium.  Mereka hanya mengambil sel-sel dermal papilla yang ditemukan dalam folikel rambut yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut.

Sel-sel ini dapat diperoleh dari helaian rambut yang masih tumbuh di bagian belakang kepala yang biasanya masih tumbuh.  Sel-sel yang dipanen ini lalu direndam dan dikembangkan dalam sejenis cairan kimia khusus di laboratorium, sebelum kemudian disuntikkan ke permukaan kepala yang botak.

Hasil penelitian awal menunjukkan banyak pasien yang memperoleh manfaat setelah menjalani perawatan selama beberapa bulan, meskipun jumlah pasien yang dilibatkan dalam percobaan ini masih sedikit.

Dr Paul Kemp, perwakilan dari Perusahan penggagas teknki ini, Intercytex's Scientific -  mengatakan  kehadiran sel-sel dermal papilla dapat memicu tumbuhnya  rambut baru dalam folikel serta meramajakannya lagi setelah berhenti memproduksi  rambut secara sempurna.

"Saya kira teknik ini akan menjadi revolusi dalam perawatan rambut.  Orang akan menggunakan ini ketika mulai mengalami kebotakan.  Mereka akan datang dan mencari kami  Kami akan mengambil sedikit sel-sel dermal papilla, menumbuhkannya di laboratorium, membekukannya dan menyuntikannya sebagian .

"Mereka bis kembali ketika proses kebotakan berlanjut.  Saya yakin ini akan berhasil, ini hanyalah pertanyaan tentang bagaimana menyempurnakan tekniknya," ujar Dr Paul Kemp.     

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com