Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips untuk Ibu Bekerja

Kompas.com - 20/06/2008, 12:02 WIB
Bagaimana kita dapat melakukan pekerjaan kantor sekaligus mengurus rumah, dan menyediakan waktu yang berkualitas bagi anak dan keluarga?

Jika hal itu terasa sulit dilakukan, di bawah ini ada beberapa saran yang bisa Anda lakukan sehingga pekerjaan tidak terbengkalai dan Anda tetap punya waktu bersama keluarga.

1. Lakukan sebanyak mungkin pekerjaan selama lunch break. Misalnya, berbelanja atau urusan-urusan lain. Dengan begitu, waktu di rumah sepulang kantor tidak terganggu dan dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk bercengkerama dengan keluarga.
2. Manfaatkan menit-menit pertama Anda tiba di rumah untuk anak-anak sebelum membersihkan diri dan menyiapkan makan malam.
3. Cobalah membuat segala sesuatunya seringkas dan sesimpel mungkin. Contohnya, menu makan malam tidak usah dipilih yang ruwet dan bertele-tele. Waktu yang ada lebih baik dimanfaatkan untuk bercengkerama dengan keluarga di ruang keluarga, sebelum terlalu larut dan anggota keluarga terlalu lelah untuk duduk bersama.
4. Cobalah mengerjakan tugas secara rangkap. Misalnya seraya membersihkan meja, Anda juga bisa sekaligus menyapu lantai atau mengisap debu di karpet. Atau sekaligus membersihkan kamar mandi ketika Anda mandi.
5. Beberapa hal yang juga perlu Anda garis bawahi adalah:
* Ingatlah bahwa anak adalah hal yang terpenting. Yang jelas, anak yang bahagia jauh lebih penting daripada lantai yang kotor. Tetapi, bukan berarti anak hidup tanpa peraturan dan tanpa disiplin.
* Buat skala prioritas. Ingatlah bahwa keluarga harus tetap makan dan seabrek rekening harus dibayar. Mengecat ulang rumah bukanlah prioritas utama.
* Mampatkan/padatkan jadwal sebaik dan seefisien mungkin. Jangan buang-buang waktu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, baik bagi Anda pribadi maupun bagi keluarga.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com