Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MSCT 128, Citrakan Tubuh Lebih Cepat dan Akurat

Kompas.com - 19/07/2008, 15:32 WIB

PERKEMBANGAN teknologi kedokteran yang sangat pesat dalam bidang pencitraan medis telah mengubah banyak aspek dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Salah satu produk teknologi canggih dalam bidang pencitraan medis adalah multislice CT 128 irisan yang kini bisa dinikmati para pasien dan masyarakat pada umumnya yang ingin memeriksakan kesehatannya sejak dini.

"Semakin canggih alat pencitraan medis, maka pemeriksaan organ dalam tubuh bisa dilakukan dengan cepat dan memiliki ketepatan tinggi," kata ahli radiologi Herlina Uinarni, dalam acara seminar awam bertema Sehatkah Jantung Anda dan Deteksi Dini Jantung Sehat dengan Multi Slice CT 128, Sabtu (19/7), di auditorium Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Sebelumnya, pencitraan medis di Indonesia umumnya memakai Multi Slice CT-Scan dengan 64 irisan. Dengan pesatnya perkembangan teknologi kedokteran bidang pencitraan medis, maka kini telah hadir Multi Slice CT-Scan dengan 128 irisan. Untuk pemeriksaan jantung yang termasuk organ bergerak, peralatan MSCT 128 ini memiliki kecepatan pemeriksaan yang cukup singkat untuk dapat menghasilkan gambar lebih akurat dan dengan resolusi lebih baik, ujarnya.

Dengan peralatan ini, pemeriksaan dapat dilakukan lebih baik dengan tingkat radiasi lebih rendah tetapi kualitas gambar yang dihasilkan jauh lebih baik. Peralatan ini diklaim memiliki kemampuan untuk melakukan pemeriksaan secara cepat dan akurat pada pasien dengan cedera berat di mana pasien akan dapat menjalani pemeriksaan seluruh tubuh dalam waktu sepuluh detik.

Tingkat akurasi yang tinggi serta ketajaman yang lebih baik dari generasi sebelumnya menjadikan alat ini mampu memberi gambaran jauh lebih baik dan akurat, sehingga diagnosis pasien bisa lebih cepat dan tepat. Keunggulan lain adalah, dalam mendeteksi kelainan dalam organ tubuh manusia, alat ini bisa segera menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasien seperti pemeriksaan seluruh tubuh, pemeriksaan pasien anak dan pasien dengan berat badan hingga 300 kilogram.

"Pencitraan yang menunjukkan aliran darah pada organ tubuh juga dapat dilaksanakan dengan baik sehingga pemeriksaan tidak perlu dilaksanakan dengan sejumlah metode pemeriksaan secara bersamaan, "kata Herlina. Selama ini, pencitraan terhadap aliran darah dalam tubuh sulit dilakukan atau biasanya hanya muncul dalam bentuk gambar yang buram sehingga mempersulit proses diagnosis terutama pada penyakit jantung dan pembuluh darah.

Akan tetapi, pasien yang hendak menjalani pemeriksaan organ tubuh dengan menggunakan MSCT 128 harus memiliki indikasi medis tertentu atau mempunyai faktor risiko gangguan kesehatan pada organ tubuh. Perempuan yang sedang hamil juga tidak dianjurkan menjalani pemeriksaan dengan alat ini." Jangan sampai pasien menjalani pemeriksaan MSCT 128 irisan tanpa ada indikasi tertentu. Itu kan pemborosan," ujarnya menambahkan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com