Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ira Wibowo Gencar Ajak Perempuan Cegah Kanker Serviks

Kompas.com - 22/07/2008, 22:34 WIB

DI sela-sela kesibukannya sehari-hari sebagai aktris, Ira Wibowo makin gencar melakukan kampanye tentang pencegahan kanker serviks pada perempuan. "Saya akan terus berkampanye mengenai pencegahan kanker serviks, sebab sebenarnya kanker ini bisa dicegah kok, sehingga tidak menimbulkan kematian pada perempuan," katanya dalam konferensi pers Malam Gala "Untukmu Perempuan Indonesia" di Jakarta, Selasa.

Ira mengatakan sebagai Duta Kampanye "Bantu Cegah Kanker Serviks Sekarang" ia berkewajiban untuk terus mengajak perempuan Indonesia lebih peduli pada kesehatannya sendiri. Ia menjelaskan kanker serviks adalah kanker nomor satu penyebab kematian di kalangan perempuan terutama di negara berkembang.
    
"Setiap hari di Indonesia rata-rata terdapat 40 kasus kanker serviks, 20 diantaranya berujung pada kematian. Kematian itu seharusnya tidak perlu terjadi seandainya perempuan itu mau melakukan ’pap smear’ satu tahun satu kali," kata istri penyanyi Katon Bagaskara ini.

Menurut Ira masih banyak perempuan Indonesia yang tidak peduli dan tidak memeriksakan diri ke dokter kandungan. Salah satu alasannya karena menganggap tidak perlu memeriksakan diri karena tidak pernah mengalami tanda-tanda atau keluhan. "Hal itu menyebabkan kanker serviks baru terdeteksi pada stadium akhir dan kemungkinan untuk sembuh sangat kecil," ujarnya
    
Sebagai duta ataupun tidak, Ira mengaku akan terus berusaha menularkan informasi pada kaum perempuan tentang pentingnya memeriksakan kesehatan khususnya ke dokter kandungan. Ia bahkan mengikutsertakan putri pertama, Chika Putri Bagaskara sebagai duta kampanye dan suaminya Katon Bagaskara untuk menyanyi dalam acara Malam Gala "Untuk Perempuan Indonesia" yang dibuka oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono di Jakarta, Selasa malam (22/7).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com