Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risiko Kanker Setelah Menopause

Kompas.com - 13/08/2008, 13:04 WIB

Hati-hati jika berat badan Anda terus bertambah. Apalagi menjelang menopause. Hasil penelitian Dr. A. Heather Eliassen, dari Rumah Sakit Perempuan di Boston dan Brigham menunjukkan adanya hubungan antara berat badan dan peningkatan resiko kanker payudara.

Ia dan timnya mendapati bahwa risiko terserang kanker payudara pada perempuan yang berat badannya bertambah 25 kilogram adalah 45% lebih tinggi dibandingkan mereka yang beratnya stabil.

Pada 2002 saja terdapat 2.376 kasus kanker payudara di kalangan subyek pascamenopause yang berat badanya naik 10 kilogram atau lebih setelah menopause. Di kalangan perempuan yang kehilangan sedikitnya 10 kilogram berat badan sebelum menopause, risiko tersebut turun 16%.

Sementara, perempuan yang kehilangan sedikitnya 10 kilogram berat badan setelah menopause menghadapi peningkatan risiko sebesar 23%. Masalahnya, menurut penelitian tak banyak perempuan kehilangan berat badan setelah menopause.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com