Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Phelps Lahap 12.000 Kalori Per Hari

Kompas.com - 14/08/2008, 16:23 WIB

NEW YORK, KAMIS — Sudah lima emas yang disumbangkan Michael Phelps di cabang renang Olimpiade Beijing. Jumlah itu masih akan bertambah karena Phelps turun dalam delapan nomor. Apa rahasia perenang berusia 23 tahun itu agar tetap prima di setiap pertandingan?

"Makan, tidur, dan renang. Itu saja yang kulakukan," kata perenang tersebut seperti dikutip New York Post.

Bayangkan, selama sembilan hari digelarnya lomba renang di National Aquatics Center, peraih enam emas Olimpiade Athena 2004 itu harus menceburkan diri ke kolam sebanyak 17 kali. Itu belum termasuk sesi latihan yang dilakukan di luar stadion.

Karena itu, Phelps harus memerhatikan asupan makanannya untuk menyokong kebutuhan energi yang pas dalam setiap pertandingan. Ia pun melakukan diet khusus dengan mengonsumsi 12.000 kalori per hari. Semua itu dilakukannya untuk, "Mendapat kalori dalam tubuh dan memulihkannya kembali sebaik mungkin."

Sebagai perbandingan, rata-rata pria seumurannya memerlukan 2.000 kalori per hari. Dengan pola makan yang sama dengan kebanyakan pria lain, yakni tiga kali makan dalam sehari, Phelps berusaha memasukkan 4.000 kalori setiap kali menyantap hidangannya.

Setiap pagi, Phelps membuka harinya dengan sarapan tiga telur mata sapi yang disembunyikan dalam sandwich bertabur keju, selada, tomat, bawang goreng, dan mayones. Seusai melahap habis semua itu, ia melanjutkannya dengan minum dua cangkir kopi, omelet berbahan lima butir telur, semangkuk jagung, tiga potong roti panggang Perancis yang ditaburi gula, serta tiga kue dadar berbahan cokelat.

Pada jam makan siang, Phelps menyantap satu pon pasta berikut dua potong daging babi ukuran besar dan dua sandwich dengan roti putih beroleskan mayones. Ia menutup santap siang itu dengan minuman berenergi yang mengandung 1.000 kalori.

Untuk malam hari, Phelps "hanya" memakan satu pon pasta untuk melengkapi sepiring pizza dan mengakhirinya dengan minuman berenergi 1.000 kalori.

Walhasil, tenaganya selalu on setiap kali berlaga di kolam renang. Yang pasti, asupan "seberat" itu sudah memberinya lima medali emas dan semuanya melalui pemecahan rekor baru dunia. Mau coba? (NYP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com