Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita Kutil, Dede Keluar Rumah Sakit

Kompas.com - 25/08/2008, 11:30 WIB

Laporan Wartawan Kompas Lis Dhaniati

BANDUNG, SENIN - Setelah menjalani perawatan selama sembilan bulan, penderita penyakit kutil batu raksasa (giant cutaneus horn) Dede (37) boleh keluar dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Senin (25/8). Meski demikian Dede tetap harus menjalani rawat jalan.

Di depan wartawan, Dede yang terlihat jauh berbeda dibandingkan saat masuk rumah sakit tak banyak bicara. "Saya berterima kasih pada bapak presiden, ibu presiden, ibu menteri kesehatan, dan seluruh pihak yang membantu perawatan saya," kata warga Desa Tanjung Jaya, Kabupaten Bandung Barat itu lirih. Saat ditanya rencananya setelah keluar rumah sakit, Dede hanya menjawab pendek, yakni ingin (ber)main.

Dede masuk RSHS pada tanggal 27 November 2007. Hingga Juni 2008, Dede menjalani delapan kali operasi dan total kutil yang diangkat sekitar enam kilogram. Pada tahun 1996, Dede juga pernah dirawat di RSHS tetapi teknologi pengobatan saat itu tak mampu mengatasi penyakit Dede.

Ketua tim khusus Dr Rachmat Dinata Sp.KK(K) mengatakan, seminggu setelah keluar dari rumah sakit Dede akan dijemput untuk diberi obat anti virus Cedovovir IV. Ini pemberian ketiga kalinya. Dua minggu setelah itu, akan diberi lagi. "Efek obat itu baru bisa diketahui setelah obat diberikan empat kali," kata Rachmat.

Penanganan Dede juga mendapat perhatian dari media asing. Rachmat mengatakan, penanganan Dede merupakan pengalaman berharga bagi bidang medis Indonesia.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com