Penderita Kutil, Dede Keluar Rumah Sakit

Kompas.com - 25/08/2008, 11:30 WIB
Editor

Laporan Wartawan Kompas Lis Dhaniati

BANDUNG, SENIN - Setelah menjalani perawatan selama sembilan bulan, penderita penyakit kutil batu raksasa (giant cutaneus horn) Dede (37) boleh keluar dari Rumah Sakit Hasan Sadikin, Senin (25/8). Meski demikian Dede tetap harus menjalani rawat jalan.

Di depan wartawan, Dede yang terlihat jauh berbeda dibandingkan saat masuk rumah sakit tak banyak bicara. "Saya berterima kasih pada bapak presiden, ibu presiden, ibu menteri kesehatan, dan seluruh pihak yang membantu perawatan saya," kata warga Desa Tanjung Jaya, Kabupaten Bandung Barat itu lirih. Saat ditanya rencananya setelah keluar rumah sakit, Dede hanya menjawab pendek, yakni ingin (ber)main.

Dede masuk RSHS pada tanggal 27 November 2007. Hingga Juni 2008, Dede menjalani delapan kali operasi dan total kutil yang diangkat sekitar enam kilogram. Pada tahun 1996, Dede juga pernah dirawat di RSHS tetapi teknologi pengobatan saat itu tak mampu mengatasi penyakit Dede.

Ketua tim khusus Dr Rachmat Dinata Sp.KK(K) mengatakan, seminggu setelah keluar dari rumah sakit Dede akan dijemput untuk diberi obat anti virus Cedovovir IV. Ini pemberian ketiga kalinya. Dua minggu setelah itu, akan diberi lagi. "Efek obat itu baru bisa diketahui setelah obat diberikan empat kali," kata Rachmat.

Penanganan Dede juga mendapat perhatian dari media asing. Rachmat mengatakan, penanganan Dede merupakan pengalaman berharga bagi bidang medis Indonesia.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.