Diabes Mellitus Incar Usia Produktif

Kompas.com - 30/08/2008, 21:22 WIB
Editor

SOLO, SABTU - Meski penyakit diabetes mellitus tidak asing lagi di tengah masyarakat, namun pasien penyakit ini dari tahun terus bertambah. Tidak hanya usia di atas 50 tahun yang rentan terserang, kelompok usia produktif sekitar 20-30 tahun pun kini rentan terkena penyakit diabetes mellitus. Hal ini disebabkan pola hidup yang berubah, di mana orang dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan.

Hal ini disampaikan dr Roy Panusunan SpPD-KEMD, Wakil Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia), di sela-sela Talkshow Kendali Diabetes, Cegah Komplikasi-Tetap Sehat Dengan Diabetes Mellitus yang digelar Laboratorium Klinik Prodia, Sabtu (30/8) di Hotel The Sunan Solo.

"Perubahan gaya hidup membuat pasien diabetes berkembang. Kalau dulu pasien yang terkena penyakit diabetes di atas usia 50-an, tetapi sekarang banyak usia muda sudah kena diabetes," ujarnya.

Mengapa demikian, Roy menegaskan karena saat ini orang bisa dengan mudah mendapat makanan dan langsung mengkonsumsinya, tanpa mempedulikan akibat dari konsumsi makanan tersebut.

Bagaimana mengendalikan dan mencegahnya, semua itu tergantung pada pasien. Oleh karena itu sebaiknya sejak awal berkonsultasi dengan dokter dan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain Roy, talkshow ini juga menghadirkan pembicara Dr dr Djoko Hardiman SpPD. Dalam talkshow ini peserta diberikan penjelasan bagaimana mengenali diabetes mellitus dan mencegah komplikasinya, gaya hidup sehat diabetisi, serta demo senam diabetesi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.