Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diabes Mellitus Incar Usia Produktif

Kompas.com - 30/08/2008, 21:22 WIB

SOLO, SABTU - Meski penyakit diabetes mellitus tidak asing lagi di tengah masyarakat, namun pasien penyakit ini dari tahun terus bertambah. Tidak hanya usia di atas 50 tahun yang rentan terserang, kelompok usia produktif sekitar 20-30 tahun pun kini rentan terkena penyakit diabetes mellitus. Hal ini disebabkan pola hidup yang berubah, di mana orang dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan.

Hal ini disampaikan dr Roy Panusunan SpPD-KEMD, Wakil Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia), di sela-sela Talkshow Kendali Diabetes, Cegah Komplikasi-Tetap Sehat Dengan Diabetes Mellitus yang digelar Laboratorium Klinik Prodia, Sabtu (30/8) di Hotel The Sunan Solo.

"Perubahan gaya hidup membuat pasien diabetes berkembang. Kalau dulu pasien yang terkena penyakit diabetes di atas usia 50-an, tetapi sekarang banyak usia muda sudah kena diabetes," ujarnya.

Mengapa demikian, Roy menegaskan karena saat ini orang bisa dengan mudah mendapat makanan dan langsung mengkonsumsinya, tanpa mempedulikan akibat dari konsumsi makanan tersebut.

Bagaimana mengendalikan dan mencegahnya, semua itu tergantung pada pasien. Oleh karena itu sebaiknya sejak awal berkonsultasi dengan dokter dan menerapkan gaya hidup sehat.

Selain Roy, talkshow ini juga menghadirkan pembicara Dr dr Djoko Hardiman SpPD. Dalam talkshow ini peserta diberikan penjelasan bagaimana mengenali diabetes mellitus dan mencegah komplikasinya, gaya hidup sehat diabetisi, serta demo senam diabetesi.

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com