Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Puasa Dengan Jus Serba Melon

Kompas.com - 12/09/2008, 02:50 WIB

MELON merupakan buah yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Rasanya segar dan tidak terlalu manis, warnanya kuning dan kebanyakan putih, dengan harga murah.

Aromanya yang wangi membuat melon agak sulit dikombinasi dengan sayur atau buah yang lain. Namun, dengan sedikit kreativitas, Anda dapat menghidangkan melon dengan rasa dan aroma lain yang tidak membosankan.

Yang lebih penting dibanding sekadar rasa adalah keunggulan melon. Buah yang banyak mengandung air ini selain mengandung berbagai vitamin, juga super kaya akan mineral, seperti potasium dan zinc.

Keunggulan yang tak dimiliki buah lain adalah kemampuannya untuk menggelontor dan membersihkan tubuh dari sisa-sisa metabolisme, serta mendinginkan tubuh. Melon sangat baik untuk mencerahkan kulit, menguatkan kuku, membuat rambut semakin cemerlang, selain membersihkan ginjal dari sisa-sisa metabolisme.

Sebagai catatan, mengingat melon kandungan utamanya adalah air, sebaiknya konsumsi melon (dijus ataupun diblender) bukan sesudah makan, melainkan sebelumnya. Dengan demikian perut tidak terasa terlalu penuh. Anda pun bisa menggunakan untuk membuka puasa.

Berikut ini beberapa ide mengombinasikan melon dengan bahan-bahan lainnya, supaya Anda mendapatkan manfaatkan nutrisi yang lebih lengkap.

Blender Pepaya Melon
Bahan:

1 mangkuk pepaya potong
1 mangkuk melon kuning potong
3 buah jeruk pontianak/medan
Cara membuat:
Jeruk dikupas lalu diperas. Masukkan potongan pepaya, melon, dan segenggam es batu ke dalam blender, haluskan. Masukkan perasan air jeruk, aduk, tuangkan ke dalam gelas. Siap diminum.

Jus Apel Stroberi
Bahan:

2 buah apel merah
10 buah stroberi
1 mangkuk melon kuning potong
1 potong jahe sebesar kelingking
Cara membuat:
Setelah semua bahan dibersihkan dan dipotong-potong, ambil sarinya menggunakan juicer. Tuang ke dalam gelas, siap diminum.

Jus Tahu Sutra Melon
Bahan:

1/2 plastik tahu sutra/1 gelas susu kedelai
1 mangkuk melon kuning potong
1 potong jahe sebesar kelingking
1 buah pisang meja
Cara membuat:
Cuci jahe. Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan bersama segenggam es batu. Tuang ke dalam gelas, siap dihidangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com