Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRCCC Dilengkapi Linac On-Board Imager

Kompas.com - 12/09/2008, 13:39 WIB

JAKARTA, JUMAT -  Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre atau MRCCC akan melengkapi fasilitas layanannya dengan menyediakan peralatan radioterapi termutakhir dengan tingkat ketepatan sangat tinggi (ultra-precisely).  Rumah sakit kanker swasta pertama di Indonesia ini akan memiliki linear accelerators (linac) dengan sistem pencitraan On-Board Imager pertama di Indonesia.

Pada hari Jumat (12/9) di Jakarta, MRCCC telah menandatangani nota kesepahaman dengan Varian Medical Systems yang berbasis di Amerika Serikat  untuk pembelian linac dengan sistem On-Board  Imager.  Penandatanganan dihadiri Farid Harianto selaku Komisaris PT Lippo Karawaci Tbk, dr Grace Frelita  Chief Operating Medical Officer Siloam Hospitals, CEO Varian Medical Systems Timothy Guertin dan  President Mochtar Riady Innstiture for Nanotechnology Susan Tai.

DR. Mochtar Riady dalam sambutan tertulisnya menyatakan sangat gembira dapat bermitra dengan Varian Medicals Systems yang merupakan leader peralatan medis dan perangkat lunak untuk pengobatan kanker di dunia serta kondisi medis lainnya dengan radioterapi, radiosurgery, terapi proton dan branchyterapy.

"Kami sangat antusias untuk menghadirkan teknologi dan terapi terkini untuk mengatasi masalah kanker di Indonesia.  Tujuan kami adalah mengatasi masalah kanker di Indonesia," ungkapnya.

Setelah resmi dibuka tahun depan, MRCCC akan memiliki generasi terbaru linacs dari Varian sebanyak satu unit.  MRCCC akan menambah dua unit selanjutnya secara bertahap dalam beberapa tahun mendatang.  

Dengan linac yang telah dilengkapi On-Board Imager robotik ini, para dokter di MRCCC dapat melakukan Dynamic Targeting IGRT (image-guided radiotherapy), yakni suatu bentuk pengobatan yang tepat menggunakan pencitraan berganda dan teknik pengelolaan gerakan untuk penargetan tumor yang sangat akurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com