Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbuka dengan yang Organik, Mau Coba?

Kompas.com - 13/09/2008, 13:22 WIB
Editor

BERPUASA selama satu bulan penuh pastinya akan lebih bervariasi jika mempersiapkan menu yang berganti setiap hari. Makan yang manis, sudah biasa. Nah, mungkin mau coba berbuka dengan makanan organik? Siapa tahu tempat yang satu ini bisa menjadi alternatif.

Salah satu rumah makan yang menyediakan aneka makanan organik adalah Warung Daun. Terletak di tiga lokasi di Jakarta, yaitu di Jalan Pakubuwono 10, Jalan Walter Monginsidi, dan Jalan Cikini Raya. Khusus pada bulan Ramadhan, Warung Daun memberikan tajil gratis berupa stup tape.

"Khusus bulan puasa ini, bagi para pengunjung yang berpuasa kami memberikan tajil gratis berupa stup tape. Stup tape ini seperti kolak, tapi isinya tape dan kolang-kaling," kata Leader Service Warung Daun Eddy Sulistiyo, Sabtu (13/9).

Menjelang buka puasa, menurut Eddy, pengunjung sudah memenuhi puluhan meja yang tersedia. Kalau Anda berencana berbuka di sana, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu. Apalagi, masakan yang disajikan adalah masakan yang dimasak setelah dipesan. "Untuk memasak itu kan butuh waktu. Jadi, kalau memang ingin berbuka puasa, sebaiknya reserved dulu berikut menunya. Sehingga, kita bisa siapkan dan tidak menunggu lama. Karena kami tidak menyediakan masakan yang siap saji, begitu dipesan di situ kita masak. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak sekitar 15 menitan," ujar Eddy.

Masakan yang disajikan tanpa pelezat, sesuai dengan slogan warung daun "Go organic! MSG Free". Penasaran menu-menu andalannya? Inilah daftar menu yang menurut Eddy menjadi favorit pengunjung. Untuk lauk pauk, Bawal Tauco (Rp 90.000, 330 gram), Ikan Mas Balita (Rp 32.000, satu porsi 25-30 ekor), dan Udang Galah (Rp115.000, 2-3 ekor).

Untuk sayuran organiknya, menu andalan yang ditawarkan Tauge Ikan Asin (Rp17.000), Kangkung Balacan (Rp17.000) dan Tumis Genjer Oncom (Rp15.000). Bagi yang suka pedas, disediakan sambal khas Warung Daun, yaitu Sambal Ngebul. Sambal ini, langsung disajikan dalam keadaan panas.

Nah, untuk minumannya, sebagai pelepas dahaga setelah berpuasa, mungkin Anda tertarik mencoba beberapa minuman ini. Warung Daun menyediakan juice strawberry organic (Rp 24.000), Es Ngariung (Rp14.000, isi campuran alpukat, kolang-kaling, nangka, santan dan gula jawa) dan es kelapa jeruk medan (Rp 23.000). Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+