Kalbe Produksi Produk Minuman Antikolesterol

Kompas.com - 18/09/2008, 10:41 WIB
Editor

KALBE Nutritionals mengeluarkan produk penurun kolesterol dalam bentuk smoothie yang pertama di dunia. Nutrive Benecol dengan kandungan Plan Stanol Ester atau PSE efektif membantu menurunkan kolesterol hingga 8 persen dan kolesterol jahat atau LDL sampai 11 persen.

Presiden Direktur PT Kalbe Nutritionals Irawaty Setiady kepada pers, Rabu (17/9), mengatakan, Nutrive Benecol merupakan inovasi terbaru dari Kalbe Nutritionals, bekerja sama dengan Raisio Benecol, Finlandia. Benecol telah hadir di 27 negara dan meraih posisi pertama sebagai produk penurun kolesterol di berbagai negara, antara lain di Turki dan Polandia.

Menurut Irawaty, Benecol yang tersedia dalam dua rasa buah bermanfaat untuk mempertahankan kadar kolesterol. Selain itu juga bisa dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol normal, tetapi ingin melakukan pencegahan. Nutrive Benecol aman dikonsumsi karena PSE-nya berasal dari bahan alami (kulit pohon pinus) dan telah mendapatkan Generally Recognized as Safe, status dari United State Food Drug Administration.

Sejak lama kolesterol menjadi momok kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Kandungan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah (hiperkolesterolemia) akan menyebabkan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini penyebab penyakit jantung koroner dan stroke. Versi WHO, di Indonesia penderita hiperkolesterolemia mencapai 11-18 persen.

Selain faktor keturunan, faktor eksternal juga penyebab tingginya kandungan kolesterol. Misalnya, mengonsumsi daging berlemak jenuh dan berkolesterol tinggi, mentega, telur, hati, makanan cepat saji, kebiasaan merokok, mengonsumsi kopi, alkohol, pil kontrasepsi, stres, dan jarang berolahraga. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.