Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalbe Produksi Produk Minuman Antikolesterol

Kompas.com - 18/09/2008, 10:41 WIB

KALBE Nutritionals mengeluarkan produk penurun kolesterol dalam bentuk smoothie yang pertama di dunia. Nutrive Benecol dengan kandungan Plan Stanol Ester atau PSE efektif membantu menurunkan kolesterol hingga 8 persen dan kolesterol jahat atau LDL sampai 11 persen.

Presiden Direktur PT Kalbe Nutritionals Irawaty Setiady kepada pers, Rabu (17/9), mengatakan, Nutrive Benecol merupakan inovasi terbaru dari Kalbe Nutritionals, bekerja sama dengan Raisio Benecol, Finlandia. Benecol telah hadir di 27 negara dan meraih posisi pertama sebagai produk penurun kolesterol di berbagai negara, antara lain di Turki dan Polandia.

Menurut Irawaty, Benecol yang tersedia dalam dua rasa buah bermanfaat untuk mempertahankan kadar kolesterol. Selain itu juga bisa dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol normal, tetapi ingin melakukan pencegahan. Nutrive Benecol aman dikonsumsi karena PSE-nya berasal dari bahan alami (kulit pohon pinus) dan telah mendapatkan Generally Recognized as Safe, status dari United State Food Drug Administration.

Sejak lama kolesterol menjadi momok kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Kandungan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah (hiperkolesterolemia) akan menyebabkan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini penyebab penyakit jantung koroner dan stroke. Versi WHO, di Indonesia penderita hiperkolesterolemia mencapai 11-18 persen.

Selain faktor keturunan, faktor eksternal juga penyebab tingginya kandungan kolesterol. Misalnya, mengonsumsi daging berlemak jenuh dan berkolesterol tinggi, mentega, telur, hati, makanan cepat saji, kebiasaan merokok, mengonsumsi kopi, alkohol, pil kontrasepsi, stres, dan jarang berolahraga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com