Ribuan Butir Obat Kedaluwarsa Disita

Kompas.com - 20/09/2008, 20:52 WIB
Editor

AMBON, SABTU - Puluhan ribu butir obat dari 200 jenis dan kosmetika kedaluwarsa berhasil diamankan tim penertiban gabungan pada Kecamatan Seram Barat dan Kecamatan Kairatu di Kabupaten Seram bagian Barat(SBB).
     
Kasie Pelayanan Kesehatan, Pengawasan Obat, dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan SBB, John Rarsina, di Ambon, Sabtu, membenarkan, kegiatan penertiban dan pengawasan pada dua Kecamatan, 11-15 September lalu berhasl mengamankan puluhan ribu butir obat maupun kosmetika kadaluwarsa pada sejumlah toko obat dan pedagang pengecer.
     
Bahkan, ada obat seperti "Isoniasit" yang dipajangkan pada etalase sebuah toko obat "BM" di Waisarissa, Kecamatan Kairatu sejak tahun 2003 lalu. Diamankan juga, kosmetik natural 99 vitamin E plus sebanyak  341 pot.
    
"Bahkan di sejumlah toko obat juga dijual obat-obat diluar daftar obat yang tidak boleh dijual di sini,"tegas John. Karenanya itu, operasi penertiban dan pengawasan yang melibatkan personel Dinas Kesehatan SBB, Polress SBB,  Disperindag SBB, Balai POM Dinas Kesehatan Maluku dan Kejari Masohi Cabang Piru itu, langsung menyita obat-obatan maupun kosmetika kadaluwarsa tersebut.
     
"Penyitaaan tersebut dilengkapi berita acaranya, sekaligus teguran keras agar tidak mengulangi perbuatan membahayakan keselamatan masyarakat di SBB karena baru untuk pertama kalinya operasi tersebut dilaksanakan sehingga sifatnya pembinaan," kata John.
     
Obat-obatan dan kosmetika kedaluwarsa sebanyak delapan karton ukuran besar dan masing-masing satu karung ukuran 25 Kg maupun 50 Kg itu, kini diamankan di Dinas Kesehatan SBB untuk nantinya dimusnahkan. Di Kabupaten SBB saat ini terdapat toko obat resmi sebanyak lima unit di Kecamatan Kairatu dan dua di Seram Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.