Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Butir Obat Kedaluwarsa Disita

Kompas.com - 20/09/2008, 20:52 WIB

AMBON, SABTU - Puluhan ribu butir obat dari 200 jenis dan kosmetika kedaluwarsa berhasil diamankan tim penertiban gabungan pada Kecamatan Seram Barat dan Kecamatan Kairatu di Kabupaten Seram bagian Barat(SBB).
     
Kasie Pelayanan Kesehatan, Pengawasan Obat, dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan SBB, John Rarsina, di Ambon, Sabtu, membenarkan, kegiatan penertiban dan pengawasan pada dua Kecamatan, 11-15 September lalu berhasl mengamankan puluhan ribu butir obat maupun kosmetika kadaluwarsa pada sejumlah toko obat dan pedagang pengecer.
     
Bahkan, ada obat seperti "Isoniasit" yang dipajangkan pada etalase sebuah toko obat "BM" di Waisarissa, Kecamatan Kairatu sejak tahun 2003 lalu. Diamankan juga, kosmetik natural 99 vitamin E plus sebanyak  341 pot.
    
"Bahkan di sejumlah toko obat juga dijual obat-obat diluar daftar obat yang tidak boleh dijual di sini,"tegas John. Karenanya itu, operasi penertiban dan pengawasan yang melibatkan personel Dinas Kesehatan SBB, Polress SBB,  Disperindag SBB, Balai POM Dinas Kesehatan Maluku dan Kejari Masohi Cabang Piru itu, langsung menyita obat-obatan maupun kosmetika kadaluwarsa tersebut.
     
"Penyitaaan tersebut dilengkapi berita acaranya, sekaligus teguran keras agar tidak mengulangi perbuatan membahayakan keselamatan masyarakat di SBB karena baru untuk pertama kalinya operasi tersebut dilaksanakan sehingga sifatnya pembinaan," kata John.
     
Obat-obatan dan kosmetika kedaluwarsa sebanyak delapan karton ukuran besar dan masing-masing satu karung ukuran 25 Kg maupun 50 Kg itu, kini diamankan di Dinas Kesehatan SBB untuk nantinya dimusnahkan. Di Kabupaten SBB saat ini terdapat toko obat resmi sebanyak lima unit di Kecamatan Kairatu dan dua di Seram Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com