Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Usul Perawatan Kejiwaan

Kompas.com - 26/10/2008, 10:54 WIB

Rumah sakit jiwa pertama di dunia didirikan di London tahun 1247 di dekat lokasi yang sekarang menjadi Liverpool Street Station. Rumah Sakit itu dinamakan Rumah Sakit Betlehem yang juga kerap disebut Bethlem atau Bedlam.

Upaya pengobatan kejiwaan dengan hipnotisme dilakukan Franz Anton Mesmer (1734-1815) asal Austria yang membuka praktek di Paris, Perancis. Dia dikenal mengembangkan metode mesmerisme yakni sejenis hipnotis untuk mengobati lemah mental.

Rumah Sakit Cacat Mental pertama di Amerika Serikat adalah Institut of Pennsylvania Hospital yang didirikan tahun 1859.

Teori psikoanalisa dipelopori Sigmund Freud (1856-1939). Buku pertamanya Studies in Hysteria dicetak tahun 1895 dan karya seminar The Interpretation of Dreams di tahun 1899. Freud mendasarkan analisa prakteknya pada teori motif bawah sadar dan analisa mimpi yang menjadi bahan utama terapi bicara yang dilakukan dia.

Sebelum psikoanalisa diperkenalkan, pengobatan utama untuk gangguan kejiwaan adalah mengekang dan memberi tindakan pada pasien secara fisik. Bahkan terkadang pasien diberi tindakan ekstrim seperti mandi air es, dikurung dalam kegelapan selama beberapa hari, diikat di atas kursi putar untuk waktu lama. Pengobatan seperti itu justru membuat pasien tidak akan pernah sembuh!

(Disarikan dari The Book of Origins, karya Trevor Homer, Penguin Books, London, 2007 dan pelbagai sumber)  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com