Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Alergi Vaksin

Kompas.com - 26/10/2008, 15:50 WIB

Rubrik Konsultasi Kesehatan asuhan Prof Dr Samsuridjal Djauzi di surat kabar KOMPAS edisi Minggu :

Saya (26) penderita alergi obat novalgin. Reaksinya cukup hebat sehingga saya harus dirawat di rumah sakit selama seminggu. Timbul gatal-gatal dan luka pada mulut. Bibir dan mata juga bengkak.

Reaksi alergi terjadi setelah saya minum obat novalgin dua kali. Sebenarnya setelah minum obat pertama sudah mulai ada rasa gatal sedikit, tetapi kurang saya perhatikan.

Kejadian alergi ini cukup menakutkan saya. Kulit saya juga berubah. Untunglah dapat pulih setelah satu bulan. Saya khawatir dengan gangguan pada kulit tersebut karena saya seorang perempuan. Meski saya sudah menikah, saya merasa rendah diri melihat bintik-bintik hitam di kulit saya.

Belum lama ini saya mengikuti ceramah pencegahan kanker leher rahim. Saya amat tertarik dengan acara tersebut karena salah seorang keluarga saya meninggal karena kanker leher rahim.

Ternyata, di samping Pap smear, sekarang tersedia vaksin untuk mencegah kanker leher rahim. Saya amat antusias mengikuti imunisasi tersebut.

Ada dua hal yang menjadi kepedulian saya. Pertama apakah saya ada risiko mengalami alergi waktu suntikan vaksin nanti? Bagaimana mencegahnya?

Kedua saya sudah menikah, apakah vaksin tersebut masih bermanfaat karena menurut ceramah vaksin ini akan memberikan manfaat optimal bagi perempuan yang belum melakukan hubungan seksual? Terima kasih atas penjelasan Dokter.

L di J

Saya merasa senang karena Anda mempunyai perhatian terhadap upaya pencegahan kanker leher rahim (kanker serviks).

Memang kanker serviks merupakan kanker yang paling sering menyerang perempuan di Indonesia. Kanker serviks terkait dengan infeksi human papilloma virus (HPV) sehingga dengan mencegah penularan infeksi HPV melalui vaksinasi, risiko kanker serviks juga dapat diturunkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com