Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sel Punca untuk Obati Sakit Jantung

Kompas.com - 30/10/2008, 15:07 WIB

JAKARTA, KAMIS — Kabar gembira bagi para penderita penyakit jantung. Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PABDI) berhasil mengembangkan penggunaan sel punca (stem cell) yang diambil dari sumsum tulang belakang untuk mengobati pasien serangan jantung.

Penemuan itu diungkapkan Pakar Jantung PABDI Prof Teguh Santoso di Jakarta, Kamis (30/10). Menurut Prof Teguh, PABDI telah berhasil mengobati 15 pasien penyakit jantung dengan menggunakan sel punca dengan bantuan alat Noga yang dapat memberikan pemetaan terhadap pasien.

"Stem cell diambil dari sumsum tulang belakang dan telah diterapkan pengobatannya kepada 15 pasien penyakit jantung di RSCM dan RS Kanker Dharmais dan berhasil. Namun, terlebih dahulu pasien diperiksa dengan alat Noga untuk memetakan daerah mana yang perlu diberi stem cell," ungkapnya.
     
Prof Teguh menambahkan, selain dari sumsum, sel punca juga dapat diambil dari lemak diri sendiri. Oleh karena itu, ia membantah jika sel punca hanya diambil dari tali pusar bayi saat setelah dilahirkan.

"Ini diambil dari diri kita sendiri jadi tidak akan berbahaya bagi pasien," katanya.  

Selain untuk menolong pasien penyakit jantung, PABDI bersama RCSM dan Dharmais sedang mengembangkan penggunaan stem cell untuk mengobati pasien diabetes, stroke, luka bakar, dan ginjal.

"Kita tengah kembangkan stem cell ini untuk menolong pasien diabetes sehingga tidak perlu lagi diamputasi. Kita juga kembangkan untuk stroke, luka bakar, dan ginjal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com