Penelitian Jangan Sebatas Kesimpulan

Kompas.com - 01/11/2008, 05:11 WIB
Editor

JAKARTA, JUMAT - Empat orang peneliti dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Kristen Maranatha, dan Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung meraih penghargaan pada Ristek Kalbe Science Awards (KSA) 2008.

KSA, yang diselenggarakan oleh PT Kalbe Farma Tbk, bekerja sama dengan Kementerian Negara Riset dan Teknologi, bertujuan untuk merangsang para peneliti untuk terus berkarya.

Untuk kategori Best Research, keluar sebagai Juara I adalah dokter residen di Fakultas Kedokteran UI, dr. Sunu Budhi Rahardjo Ph.D, yang juga peneliti di Divisi Litbang Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta. Dokter ini meneliti mengenai peranan inhibitor enzim ECE-1 dan bradikinin pada hipertensi pulmonal.

Juara II dan III diraih oleh Prof. Maggy Thenawidjaja Suhartono dan Khie Khiong Ph.D, masing-masing berasal dari IPB dan Universitas Maranatha. Sementara itu, untuk kategori Young Scientist disabet oleh Heni Rachmawati M.Si dari Sekolah Farmasi ITB. Heni menjelaskan modifikasi farmakokinetik dan efikasi protein terapetik melalui vegilasi.

Untuk kategori Best Research, tiga orang pemenang masing-masing mendapatkan hadiah Rp 50 juta, Rp 30 juta, dan Rp 15 juta beserta piala dan sertifikat. Sedangkan untuk kategori Young Scientist, pemenang mendapat hadiah Rp 50 juta beserta piala dan sertifikat.

Ketua Dewan Juri Prof Yeyet Cahyati mengatakan, penelitian ke-14 finalis bagus dan istimewa. Namun demikian, Yeyet mengimbau agar penelitian tersebut tidak hanya sebatas kertas, namun juga dapat diwujudkan sehingga dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Hal yang sama diungkapkan oleh Deputi Pengembangan Sistem IPTEK Nasional Amin Subandrio. Menurutnya, penelitian tidak hanya sampai pada kesimpulan, namun mengarah pada suatu produk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.