Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10.000 Warga Lakukan Jalan Sehat Putari HI

Kompas.com - 02/11/2008, 13:37 WIB

JAKARTA, MINGGU - Sekitar 10.000 warga, Minggu (2/11) pagi tadi melakukan aksi jalan sehat dari Monas-Bundaran Hotel Indonesia-Monas untuk memperingati Hari Osteoporosis Nasional. Kegiatan jalan sehat yang juga diikuti presiden dan para menteri dimulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 10.00 dan berlanjut dengan kegiatan lain hingga pukul dua siang.  

 

Kegiatan ini juga menjadi sarana edukasi dan ajang kampanye untuk menjaga kesehatan tulang sejak dini. Banyak informasi yang belum diketahui masyarakat tentang osteoporosis. "Berdasarkan penelitian, dua dari lima masyarakat Indonesia mengalami resiko terkena osteoporosis," kata Manager Promosi dan Penjualan Anlenne Ardi Yunianto, saat acara berlangsung di Monas, Jakarta, Minggu (2/11).  

 

Acara yang terselenggara atas kerjasama Departemen Kesehatan RI dan perusahaan susu Anlenne ini, juga menyediakan jasa periksa tulang gratis untuk mengetahui tingkat kepadatan tulang seseorang. Selain itu, stelah melakukan jalan sehat, para peserta dapat berkonsultasi dengan dokter tentang bagaimana menjaga kesehatan tulang yang baik, makanan yang harus dikonsumsi dan pola hidup yang sehat, termasuk berolahraga minimal melangkah 10.000 perhari.  

 

"Tingkat kepadatan tulang ternyata tidak terpengaruh oleh usia, tetapi pola makan dalam mengkonsumsi kalsium dan intensitas berolahraga. Aktifitas bergerak dan konsumsi dihitung sejak kita bangun pagi sampai tidur di malam hari. Semakin kita jarang melakukan dua hal tersebut maka kecenderungan terkena osteoporosis semakin terbuka," tambah Ardi.  

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com