Peneliti Hipertensi Raih Penghargaan Kalbe

Kompas.com - 02/11/2008, 15:12 WIB
Editor

JAKARTA, JUMAT - Peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Sunu Budhi Rahardjo (37) keluar sebagai Juara I pada Ristek Kalbe Science Awards 2008, menyisihkan sembilan finalis lainnya. Melalui penelitiannya yang berjudul Peranan Inhibitor Enzim ECE-1 dan Bradikinin pada Hipertensi Pulmonal, dokter dua anak ini menemukan bahwa ternyata penderita hipertensi pulmonal memiliki kadar bradikinin yang sangat rendah, bahkan tidak ada.

Penelitian ini berawal dari fakta bahwa penderita hipertensi pulmonal hanya dapat bertahan hidup selama tiga tahun setelah didiagnosis menderita penyakit ini. "Tingkat harapan hidup setelah tiga tahun adalah 0 persen," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (31/10) di Jakarta.

Padahal, menurutnya, jumlah orang yang berpotensi menderita penyakit ini dapat mencapai 60.000 jiwa. Dokter di Pusat Jantung Nasional Harapan Kita ini juga menjelaskan, penelitiannya, yang memakan waktu sekitar dua tahun, masih dilakukan pada hewan percobaan. Namun demikian, dia mengatakan akan terus mengembangkan sehingga dapat secara aman dilakukan pada pasien sebenarnya.

"Penelitian ini sangat aplikatif. Sebentar lagi kita akan mencobakannya pada pasien sebenarnya," ujar ayah dari Adiwasita Aziz dan Shalihana Ramadita ini. Pria kelahiran klaten ini juga mengutarakan kendala yang dia hadapi selama melakukan penelitian ini. "Tingkat kesulitannya adalah saya harus mengembangkan model penelitian ini sendiri," ujarnya.

Lebih jauh, ia mengatakan, para peneliti di Indonesia masih mengalami masalah klasik seperti kurangnya akses terhadap sumber-sumber informasi, seperti jurnal penelitian, pendanaan yang tidak memadai, serta minimnya fasilitas yang ada.Namun dia mengatakan penelitian harus tetap dijalankan.

Kepada peneliti lainnya, dia berpesan agar terus melakukan penelitian yang bermanfaat. Dia percaya penelitian tersebut suatu saat akan bermanfaat bagi masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.