Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahu Hamil Tanpa Tes, Dapatkah?

Kompas.com - 02/12/2008, 22:51 WIB

T. Usia saya 17 tahun dan telah melakukan hubungan seksual dengan pasangan saya dua bulan yang lalu. Sejak saat itu saya belum menstruasi. Dapatkah saya mengetahui apakah saya hamil tanpa menggunakan tes kehamilan? Saya tidak tahu di mana mendapatkan alat itu.

J. Alat tes kehamilan banyak tersedia di apotek atau toko obat, biasanya berupa tes urin yang memiliki tingkat akurasi hingga 90 %. Pelajari petunjuknya. Anda juga bisa mengunjungi dokter dan melakukan tes darah. Biasanya sulit untuk mengenali gejala awal kehamilan, jadi saya sarankan Anda untuk segera memeriksakan diri.

Ada juga alasan lain mengapa siklus hormonal anda tertunda atau tidak lancar, ini bisa disebabkan oleh stres, penyakit, siklus tidur yang terganggu, nutrisi dan berkurangnya berat badan. Dalam kasus Anda, saya sarankan untuk memastikan status kehamilan anda terlebih dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com