Kapan Barang di Rumah Anda Perlu Diganti?

Kompas.com - 03/12/2008, 12:51 WIB
Editor

Bingung kapan harus mengganti barang-barang yang ada di rumah? Tenang, ikuti saja panduan berikut!

Komputer – 4 Tahun
Sebagian pakar menganjurkan agar kita mengganti komputer setiap 4 tahun sekali. Kedengarannya memang tidak masuk akal menyarankan rentang waktu khusus untuk memperbarui komputer. Apalagi barang ini tidak murah harganya. Namun, Anda disarankan meng-upgrade komputer jika kebutuhan Anda sudah tidak terpenuhi. Sebagian ahli malah meng-upgrade laptop setiap dua tahun sekali sesuai tuntutan pekerjaan atau kebutuhan. Namun, sebagian PC bisa bekerja dengan baik sampai 9 tahun. Ingin umur komputer lebih lama, jaga tetap dingin. Ini bisa menambah panjang umur hingga 6 tahun lagi. Mengapa? Ancaman terbesar PC adalah panas. Panas membuat komponen-komponen seperti chip dan kabel lebih cepat rusak dari seharusnya. Debu dari penggunaan beberapa minggu juga dapat menyumbat ventilasi sehingga temperatur naik dan merusak komputer. Untuk mencegah sumbatan debu ini semprotkan saja udara compressed seminggu sekali untuk mencegah karat.

Mesin Cuci – 12 Tahun
Sementara, untuk mesin pengering (dryer), usianya bisa mencapai 13 tahun. Memang cukup lama alat ini bisa membantu kita di rumah. Sayang, yang terjadi belum sampai waktu tersebut mesin cuci sudah rusak lebih dulu. Penyebab kebanyakan mesin cuci rusak atau kondisinya menjadi buruk adalah guncangan karena lantai yang tidak rata. Akibatnya, beban menjadi tak seimbang, air tumpah dan energi yang digunakan lebih tinggi. Menurut pakar dari Institute of Fabric Science, masalah-masalah inilah yang memperpendek umur mesin cuci. Coba periksa lantai ubin tempat mesin cuci diletakkan. Lalu, koreksi semua ketidakseimbangan dengan menyelipkan potongan kayu atau ubin.

Lemari Es – 14 Tahun
Alat elektronik ini selalu dalam kondisi menyala setiap saat di rumah. Tak heran jika dirawat kurang baik, usianya takkan panjang. Perawatan kurang baik seperti apakah yang bisa mempercepat lemari es rusak? Di antaranya peletakannya yang kurang tepat seperti dekat sumber panas (sinar matahari dan kompor) dan ventilasi kurang baik sehingga kondensor lemari es bekerja lebih keras. Jarak ideal antara lemari es dengan tembok atau bagian atas ruangan adalah sisi samping minimal berjarak 10 cm dari tembok, bagian atas minimal berjarak 30 cm dan bagian belakang minimal 15 cm. Selain itu, membuka pintu lemari es terlalu sering dan pengisian berlebihan juga menjadi penyebab lemari es cepat rusak. So, agar lebih tahan lama buka pintu lemari es seperlunya saja, isi lemari es tidak melebihi kapasitas agar sirkulasi udara lancar dan hindari memasukkan makanan atau minuman panas.

Sofa – 5-10 Tahun
Jika Anda mengira sofa cepat rusak karena anak-anak atau hewan peliharaan merusak penutup jok, Anda salah. Penyebab utama kerusakan sebenarnya sinar matahari. Sekitar 80% perubahan warna dan penipisan kain disebabkan sinar UV. Untuk membuat sofa lebih tahan lama hingga 10 tahun sejak pembelian, tutup kaca jendela dengan film. Penutupan ini mencegah 99% dari sinar matahari.

Karpet – 8-10 Tahun
Tahukah Anda perusak karpet sebenarnya bukan makanan atau lalu lintas kaki, melainkan kotoran dari tanah dan sepatu yang tertinggal di bawahnya. Kotoran ini yang berperan sebagai silet tajam dan memotong serat. Daripada mengeluarkan biaya besar untuk pembersihan profesional setiap 6 bulan untuk membersihkan kotoran, coba sewa mesin cuci saja. Ini bisa memperpanjang umur karpet hingga 10 tahun.

Kasur – 7 Tahun
Rasanya hanya sedikit orang yang mengganti kasur setiap 7 tahun. Kadang baru diganti jika kasur sudah kempes atau tak bisa berfungsi dengan baik. Bagaimana dengan bantal? Sebaiknya diganti setiap 2 tahun. Namun, kebanyakan orang juga tidak mematuhi aturan waktu ini. Terkadang bantal kempes pun masih dipakai dan malah disukai.

Parfum – 2 Tahun
Kebanyakan aroma parfum berubah jika disimpan terlalu lama. Masih berniat mengoleksi berbagai parfum untuk jangka waktu lama?

Sikat Gigi – 3 bulan
Dalam masa itu, sikat gigi biasanya sudah tidak lagi enak digunakan dan tidak bisa membersihkan gigi secara maksimal. Jadi, jangan tunggu hingga enam bulan, apalagi setahun baru ganti, ya!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.