Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilah Pilih Dokter Bedah Plastik Payudara

Kompas.com - 05/12/2008, 05:17 WIB

TIDAK perlu diragukan lagi, payudara indah adalah idaman setiap wanita. Oleh karena itu, terdapat banyak wanita yang tidak segan “go under the knife” alias melakukan bedah plastik untuk memperbesar payudaranya, karena diyakini dapat menambah kepercayaan diri. Jika keputusan sudah bulat, maka hal berikut yang harus dilakukan adalah memilih dokter bedah plastik yang tepat dan berpengalaman.

Karena kebanyakan pasien tidak terlalu peduli dalam memilih jenis dan ukuran pembesaran payudara yang sesuai dengan bentuk tubuh mereka, di sinilah peran dokter menjadi penting dalam menuntun mereka membuat keputusan.

Dokter bedah plastik ternama asal Brazil, Dr Marco Faria-Correa, menjelaskan, “seorang dokter yang profesional dan berpengalaman adalah dokter yang dapat memberikan keterangan atas ukuran implan yang tepat dan seimbang dengan tubuh pasien, tingkat ketebalan bagian atas, belahan dada, bentuk implan yang tepat (bulat atau anatomis), posisi puting dan posisi penempatan implan (di bawah otot atau di atas otot).”

Selain itu, dokter bedah sebaiknya mencari tahu jumlah jaringan tisu payudara pasiennya. Ini penting karena dapat mempengaruhi hasil akhirnya nanti. Misalnya, wanita kurus dengan sedikit atau tidak memiliki jaringan payudara cenderung akan lebih berkerut dan hasil implan tidak terlihat alami oleh karena itu mereka perlu menjalani prosedur berbeda dibandingkan dengan wanita kekendoran di seputar kulit.

Perencanaan operasi dan teknik dengan hati-hati akan minimalkan kesalahan seperti tergores, kehilangan sensasi (biasanya jika menembus putting) dan pembentukan Seroma (kumpulan darah cair koleksi berair bagian darah). Mereka juga sebaiknya mengakui pentingnya mengikuti evaluasi dengan dokter mereka, sesuai dengan konseling yang sangat penting dalam mencegah komplikasi yang tak perlu.

“Meskipun terdapat resiko,” Dr Marco menambahkan, “bedah plastik payudara merupakan cara aman yang diminati wanita untuk memperbaiki rasa akan kecintaan terhadap tubuh sendiri– asalkan, tentu saja, mereka mempercayai seorang ahli bedah berpengalaman. dengan tubuh mereka. Pembedahan aman karena dokter tahu bagaimana caranya menangani situasi. ”

Ada baiknya pasien menyelidiki kredibilitasi dan reputasi si dokter. Berkunjung ke klinik dokter yang dipilih beberapa kali dan mencari tahu dari pasien lain pasien di ruang tunggu adalah cara terbaik untuk memastikan pengalaman dokter tersebut.

Oleh dr. Marco Faria-Correa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com