Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bergeraklah, yang Tegang pun Jadi Rileks!

Kompas.com - 08/12/2008, 22:48 WIB

Konsultasi erobik dengan Prof. Dr. Sadoso Sumosardjuno Sp.KO di Tabloid Gaya Hidup Sehat

PROGRAM latihan ini dirancang untuk dapat dilakukan di mana dan kapan pun, sehingga Anda dapat menghilangkan ketegangan atau kekakuan bila memerlukannya.

 

Latihan ini bisa dilakukan saat sedang rehat kopi, setelah melakukan rapat yang melelahkan. Dapat pula dilakukan di antara waktu-waktu kuliah. Ibu rumah tangga bisa juga melakukannya di rumah setelah anak-anak berangkat sekolah atau tidur.

 

 

Latihan ini hanya memerlukan waktu rata-rata dua sampai tiga menit saja. Tidak terlalu menyita waktu, tapi manfaatnya dapat meningkatkan daya tahan selama berjam-jam.

 

 

Peregangan-peregangan ini difokuskan pada daerah dari badan yang lebih terpengaruh oleh ketegangan-ketegangan leher, bahu, dan punggung bagian atas. Di antara setiap peregangan diselingi dengan kontraksi isometrik, seluruh otot di badan dikontraksikan.

 

 

Kontraksi Sebagai Selingan

Anda dapat melakukan program latihan ini sambil duduk atau berdiri. Tariklah napas dalam-dalam, badan rileks pada waktu mengeluarkan napas. Dengan kedua tumit secara bersama-sama, pertama kontraksikan otot-otot tungkai bawah saja.

 

 

Selanjutnya, kontraksikan otot-otot tungkai atas, tapi tanpa melepaskan kontraksi yang pertama. Teruskan menambahkannya pada grup-grup otot pantat, punggung, dada, bahu, lengan, dan tangan, sampai otot-otot seluruh badan dikontraksikan.

 

 

Tahanlah kontraksi seluruh badan ini selama lima detik, sambil terus bernapas secara teratur. Hal penting yang perlu Anda perhatikan bahwa harus terus bernapas secara teratur pada waktu melakukan kontraksi. Setelah lima detik, mulailah melepaskan kontraksi seluruh badan bagian per bagian, mulai dari tangan.

 

 

Peregangannya:

1.Peregangan Bagian Belakang Leher

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com