Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protein Pengganti Daging untuk Anak-anak Vegan

Kompas.com - 12/01/2009, 20:16 WIB

ANAK-anak yang menjalani pola makan vegetarian disarankan untuk mengisi kekurangan konsumsi protein yang biasa terdapat pada daging merah, ikan, dan produk ternak. Mereka bisa mengonsumsi kacang kedelai, susu kedelai yang difortifikasi dan kacang-kacangan. Semua bahan itu merupakan sumber protein, besi, zinc, kalsium, dan vitamin D yang biasa didapat anak-anak pada umumnya dari daging.

Ragi bergizi—yang biasanya berasa keju—dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. Bahan makanan yang disebut Flaxseed (benih atau biji-bijian serupa padi) juga kaya dengan asam linoleat.

Anak-anak vegetarian yang masih mengonsumsi telur dan produk ternak kebanyakan tak akan kekurangan salah satu makro gizi yang mereka butuhkan. Namun, mereka yang menjadi vegan (vegetarian murni) perlu lebih pintar lagi mengatur pola makannya, jelas Dr David Ludwig, spesialis gizi anak dari RS Anak Boston.

"Perlu perhatian yang lebih agar anak-anak penganut vegetarian murni tidak kurang gizi," jelas Ludwig.

Anak-anak dapat mulai menjadi vegan sejak lahir, jelas Sarah Krieger, juru bicara American Dietetic Association yang juga tercatat sebagai ahli gizi di RS All Children di St Petersburg, Florida, AS.

Sarah mengatakan, Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula yang difortifikasi dengan zat besi diperlukan balita selama enam bulan pertama sejak lahir. Susu formula kedelai juga bisa menjadi pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com