Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapi Holistik, Perpaduan Timur dan Barat

Kompas.com - 27/01/2009, 15:17 WIB

PENYEMBUHAN holistik memang bukan hal baru di dunia medis. Terapi holistik sejatinya adalah metode penyembuhan yang menggabungkan teknik penyembuhan ala barat dan timur. Metode ini juga merupakan gabungan pengobatan altematif dan kedokteran modern.

Meski sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu, terapi holistik sempat ditinggalkan orang. Namun, terapi ini kembali mendapatkan tempat dalam dunia penyembuhan sejak 20 tahun - 25 tahun terakhir.

Di Indonesia, terapi holistik mulai dikenal luas sejak tahun 1995. Sebuah balai kesehatan di Purwakarta memulainya. Setelah itu, banyak klinik ikut menawarkan terapi holistik di Indonesia.

Terapi holistik memiliki banyak varian. Tapi umumnya terapi ini menggabungkan penyembuhan lewat terapi psikologi atau jiwa dan fisik pasien. Terapi ini umumnya juga menggabungkan akupuntur dengan pengobatan herbal.

Pro dan kontra dunia kedokteran atas terapi ini umumnya hanya berkisar soal obat-obatan herbal yang diberikan pada pasien lantaran belum terbukti dalam uji klinis. (Sanny Cicilia Simbolon)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com