Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Burn-Out bagi Para Pekerja

Kompas.com - 09/02/2009, 12:28 WIB

JAKARTA, SENIN — Jika Anda merasa sangat kelelahan sekaligus gangguan somatik, seperti sakit kepala, sakit sendi, atau gangguan perut yang tak jelas sebabnya dan tak kunjung sembuh, padahal sepertinya baik-baik saja dan masih bisa melakukan pekerjaan seperti biasa, Anda sebaiknya waspada. Jangan-jangan Anda mengalami gejala Burn-Out!

Gejala lain Burn-Out adalah mengalami kesedihan atau depresi, kebingungan dan kelelahan orientasi, mudah marah dan tersinggung, hilangnya kepedulian atau kelembutan serta sinisme yang berlebihan dan digeneralisasi dalam aspek hidup yang lain.

Psikolog Irma S Martam dari Yayasan Pulih mengatakan, Burn-Out adalah sebuah gangguan psikologis yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti terus-menerus bekerja dalam situasi traumatik atau menyakitkan, menghadapi penyakit yang sangat rumit dan sulit diselesaikan, atau situasi kerja yang penuh tuntutan dan tekanan.

"Penyebab lainnya karena yang bersangkutan merasa tidak ada waktu dan kesempatan untuk mengambil jarak dengan pekerjaannya atau tidak ada penghargaan yang memadai," ujar Irma dalam Pelatihan Psikologi Pers bertajuk 'Menjaga Kesejahteraan Psikologis Jurnalis' di Lembaga Pers Dr. Soetomo, Jakarta, Senin (9/2).

Irma memang mengatakan, jurnalis adalah profesi yang rentan terkena gangguan psikologis ini karena pola kerjanya yang berada di bawah tekanan baik dari segi deadline pembuatan berita serta kemungkinan tekanan dari lingkungan peliputan yang cenderung merupakan kondisi-kondisi abnormal.

Namun, Irma menegaskan, para pekerja lain tetap berpotensi terkena gangguan ini, apalagi dalam kondisi tekanan. Dalam kondisi ini, memperhatikan kondisi fisik dan menjaga kesehatan psikologis adalah suatu keharusan. Memperhatikan kondisi fisik adalah dengan makan teratur dan bernutrisi, olahraga teratur, atau bahkan ambil cuti dan waktu berlibur jika benar-benar diperlukan.

Untuk menjaga kesehatan psikologis, bisa dilakukan dengan berbagi kepada orang-orang terdekat, menulis, dan membaca buku. "Ingat juga menjaga keseimbangan spiritual," tandas Irma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com