Dede Manusia Akar Diberi Salep Pembunuh Virus HPV

Kompas.com - 12/02/2009, 22:34 WIB
Editor

BANDUNG, KAMIS - Dede (38) Manusia "Akar" akan diberi gel atau salep khusus untuk membunuh virus human papiloma virus (HPV) atau virus kutil yang menyerangnya.

Demikian dikatakan Ketua Tim Penangananan Dede, dr Rahmat Dinata yang didampingi Direktur Utama RSHS Bandung, Prof Dr dr Cissy Rachiana Sudjana Prawira, dalam jumpa persnya, di Ruang Pers RSHS Bandung, Kamis.

"Salep atau gel ini nanti akan dioleskan di lengan sebelah kiri Dede. Ini masih uji coba, karena takut ada efek samping," kata Rahmat.

Menurut dia, salep ini merupakan bentuk lain dari obat Cidofovir yang direkomendasikan oleh Ahli Dermatologi dari Maryland AS, Prof Anthony Gaspari.

Dikatakannya, selama ini pemberian obat Cidofovir kepada Dede dikhawatirkan akan menimbukan efek samping berupa pembengkakan ginjal Dede.

Oleh karena itu, untuk mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari obat Cidofovir, pihaknya besertaTim Farmasi ITB berhasil mengganti pola pemberian obat tersebut ke tubuh Dede.

"Kalau dulu, obat itu bentukknya cair jadi cara memasukkan ke tubuh Dede melalui disuntikkan sedangkan sekarang cukup dioles saja karena bentuknya salep," katanya.

Pihaknya menyatakan, operasi Dede yang kesembilan kalinya ini, berhasil mengangkat 1,6 Kg kutil di bagian wajah, leher, dan dada dan berjalan lancar.

"Tingkat kesulitan operasi kali ini tidak serumit operasi sebelumnya, bisa dikatakan semuanya berjalan lancar-lancar saja," kata dr Rahmat.

Obat Cidofovir, merupakan obat yang mengandung cito megalo virus (CMV) yang bisa membunuh human papiloma virus (HPV), virus kutil yang menyerang Dede, katanya.

Direktur Utama RSHS Bandung, Prof Dr dr Cissy Rachiana Sudjana Prawira, menyatakan, seluruh biaya pengobatan Dede akan ditanggung pemerintah.

"Karena Dede merupakan pasien khusus dari Departemen Kesehatan, maka seluruh pembiayaannya ditanggung Menkes atau pemerintah," katanya.

Menurutnya, sejak beberapa hari lalu, salinan untuk pembiayaan operasi dan perawatan Dede di RSHS Bandung telah dikirimkan kepada Menteri Kesehatan RI.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.