Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenali Seribu Wajah Lupus

Kompas.com - 13/02/2009, 08:15 WIB

MENJELANG ujian akhir sekolah menengah atas, jerawat bermunculan di wajah Tiara Savitri. Tak hanya itu, ia sering terserang panas tinggi disertai bercak-bercak merah. Rambutnya rontok dan timbul rasa nyeri pada persendian. Berbagai keluhan fisik itu membuatnya harus dirawat di rumah sakit selama berbulan-bulan.

Tiara dinyatakan positif terserang penyakit lupus. Selama belasan tahun, ia harus berjuang melawan penyakit otoimun yang menyerang jaringan dan organ-organ tubuhnya.

Efek samping pengobatan yang dijalani antara lain pembengkakan organ tubuh sehingga bobot Tiara meningkat drastis. Wajahnya pun membengkak atau dikenal sebagai moon face. Bila kondisinya membaik, dosis obat yang dikonsumsi diturunkan.

Meski harus secara rutin berobat, Tiara tetap memiliki semangat hidup tinggi. Setelah membina rumah tangga, ia sempat keguguran tiga kali hingga akhirnya dikaruniai seorang anak lelaki. ”Saya juga sempat mengalami bocor ginjal,” tuturnya.

Kini sudah sekitar 10 tahun ia hidup tanpa obat-obatan lupus. Tiara yang saat ini genap berusia 40 tahun mengabdikan hidupnya untuk menyosialisasikan tentang lupus dan mendampingi mereka yang terkena penyakit itu.

Kekebalan tubuh

Lupus merupakan penyakit otoimun yang telah tersebar luas dan dapat menyebabkan sistem imunitas tubuh berbalik menyerang jaringan dan organ tubuh kita sendiri.

”Beberapa organ tubuh yang bisa terkena adalah ginjal, jantung, paru-paru, otak, darah, atau kulit,” kata Prof Zubairi Djoerban dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Sistem imunitas tubuh biasanya melindungi tubuh kita dari virus, bakteri, dan jaringan dari luar lainnya. Dalam kondisi otoimun seperti lupus, sistem imunitas tubuh ini kehilangan kemampuan membedakan mana substansi dari luar dan yang merupakan jaringan dan sel itu sendiri. ”Akibatnya, sistem imunitas ini malah membuat antibodi yang menyerang sel sehat dalam tubuh,” ujarnya.

Secara global, diperkirakan terdapat 5 juta orang dengan lupus. Di Amerika Serikat, terdapat 1,2 juta orang yang terkena lupus. Adapun di Indonesia, jumlah kasus lupus yang tercatat mencapai 8.693 orang hidup dengan lupus (odapus) atau meningkat dua kali dibandingkan dengan tahun 2004. Jumlah ini diyakini adalah puncak gunung es karena banyak odapus tidak terdiagnosis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com