Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSCM Miliki Fasilitas Radioterapi Canggih

Kompas.com - 17/02/2009, 14:29 WIB

JAKARTA, SELASA — Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta memperkenalkan pusat radioterapi dengan teknologi canggih untuk mendeteksi dan mengobati penyakit, seperti kanker dan tumor, secara lebih aman. Layanan ini juga untuk menarik masyarakat yang terbiasa berobat ke luar negeri sekaligus sebagai upaya subsidi silang bagi pasien yang kurang mampu.

"Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang radioterapi dan teknologi yang sangat pesat memungkinkan penderita kanker dapat memperoleh terapi radiasi yang tepat dengan efek samping yang seminimal mungkin," kata Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari usai meresmikan Pusat Pelayanan Radioterapi 4D Adaptive Image Guided Technology dan Streotactic Center di RSCM, Selasa (17/2).

Menkes mengatakan, melalui kebijakannya, Departemen Kesehatan secara bertahap akan melengkapi sarana dan prasarana rumah sakit, di samping pelayanan kesehatan sampai ke daerah terpencil.

Teknologi di Pusat Radiologi RSCM kini memberi layanan berupa Streotatic Radiotheraphy (SRT) dan Stereotactic Radiosurgery (SRS) sebagai terapi untuk menghancurkan sel tumor tanpa merusak jaringan yang sehat.

Selain itu, terapi radiasi mampu menghadapi heterogenitas dari target radiasi melalui Intensity Modulated Radioteraphy. Ada pula teknologi 4D Adaptive IGRT untuk memantau gerakan organ pada organ target saat dilakukan terapi penyinaran.

RSCM sebagai rumah sakit rujukan pemerintah, lanjut Siti, diminta tidak hanya melengkapi fasilitas yang canggih, tetapi terjaga mutu dengan perawatan yang adekuat. Sebab, pelayanan radioterapi ini tidak hanya memerlukan teknologi yang tinggi, tapi biaya yang mahal. "Sehingga perlu dibarengi dengan profesionalime sumber daya manusia," tutur Siti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com