Pembuluh Lancar, Mati Pun Terhindar

Kompas.com - 20/02/2009, 16:13 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS — Bekuan darah (trombosit) berperan besar dalam memicu timbulnya masalah jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Tiap tahun ada 15 juta orang di dunia yang meninggal olehnya. Oleh karena itu, upaya mencegah terjadinya bekuan darah dalam pembuluh darah jantung dan otak sangat penting dalam menurunkan angka kematian.

Demikian dikatakan kardiolog Tedjasukmana di Jakarta, Kamis (18/2). Tedja mengatakan, faktor-faktor yang berisiko memicu penyakit kardiovaskular antara lain merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi yang menyebabkan terjadinya aterosklerosis atau penimbunan deposit lemak pada arteri hingga pembuluh darah mengecil dan mengeras.

"Orang yang merokok akan terkena risiko kardiovaskular sebanyak 1,6 kali, kolesterol tinggi sebanyak 4 kali, hipertensi 3 kali, sedangkan mereka yang sekaligus punya hipertensi, kolesterol tinggi, dan merokok memiliki risiko sebanyak 16 kali," ungkap Tedja.

Menyempitnya pembuluh darah karena dindingnya yang bertambah tebal dan keras oleh timbunan lemak menyebabkan aliran darah menjadi kurang baik.

Tedja bahkan memperingatkan, gangguan disfungsi ereksi (DE) dapat menjadi manifestasi awal dari aterosklerosis. Bila pembuluh-pembuluh darah kecil yang mengalir ke penis menyempit, otomatis penyempitan juga terjadi di pembuluh darah besar.

Karena itu, saran Tedja, "Tidak merokok, berjalan sejauh 3 km tiap hari, banyak makan sayur dan buah, total kolesterol kadarnya < 5 mmol/L, LDL kolesterol < 3 mmol/L, dan hindari kegemukan."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.