Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengunyah Saat Tidur, Penyebab Gigi Sensitif

Kompas.com - 24/02/2009, 21:41 WIB

JAKARTA, SELASA - Mengunyah saat tidur atau gigi terdengar gemelutuk tak hanya mengganggu teman tidur, tetapi juga berakibat tak baik bagi gigi, yakni menipisnya lapisan email dan membuat gigi makin sensitif.

Sama dengan mendengkur, aktivitas yang tak disadari dan disebut dengan Bruxsym ini ternyata merupakan salah satu dari 90 ganguan tidur.

Sayang "tanpa disadari seseorang melakukan gerakan seperti mengunyah pada saat ia tidur, sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pasti dari ganguan tidur tersebut," terang Rima Tedjakusma, seorang ahli saraf di Jakarta, Selasa (24/2).  

Walaupun tidak sampai mengakibatkan kematian, Bruxsym dapat membuat tipisnya lapisan email pada gigi. Karena seringnya gigi tergesek, maka email pada gigi akan makin menipis. Akibatnya gigi akan menjadi sensitif dan sering ngilu.

"Selain itu pada persendian rahang atas dan bahwah juga akan terasa nyeri," ujar Rima.  

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menghentikan Bruxsym. Sejauh ini, yang dapat dilakukan adalah menggunakan alat untuk melapisi gigi. Alat itu dimaksudkan untuk menjaga email agar tidak semakin menipis, jelas Rima

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com