Mengunyah Saat Tidur, Penyebab Gigi Sensitif

Kompas.com - 24/02/2009, 21:41 WIB
Editor

JAKARTA, SELASA - Mengunyah saat tidur atau gigi terdengar gemelutuk tak hanya mengganggu teman tidur, tetapi juga berakibat tak baik bagi gigi, yakni menipisnya lapisan email dan membuat gigi makin sensitif.

Sama dengan mendengkur, aktivitas yang tak disadari dan disebut dengan Bruxsym ini ternyata merupakan salah satu dari 90 ganguan tidur.

Sayang "tanpa disadari seseorang melakukan gerakan seperti mengunyah pada saat ia tidur, sampai saat ini belum diketahui apa penyebab pasti dari ganguan tidur tersebut," terang Rima Tedjakusma, seorang ahli saraf di Jakarta, Selasa (24/2).  

Walaupun tidak sampai mengakibatkan kematian, Bruxsym dapat membuat tipisnya lapisan email pada gigi. Karena seringnya gigi tergesek, maka email pada gigi akan makin menipis. Akibatnya gigi akan menjadi sensitif dan sering ngilu.

"Selain itu pada persendian rahang atas dan bahwah juga akan terasa nyeri," ujar Rima.  

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang dapat menghentikan Bruxsym. Sejauh ini, yang dapat dilakukan adalah menggunakan alat untuk melapisi gigi. Alat itu dimaksudkan untuk menjaga email agar tidak semakin menipis, jelas Rima

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.