Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jateng: Jangan Campur Susu dengan Santan

Kompas.com - 25/02/2009, 17:01 WIB

SALATIGA, RABU — Buruknya kualitas susu di Jawa Tengah yang disebut paling jelek di Indonesia, membuat Gubernur Jateng Bibit Waluyo angkat bicara, di sela-sela Pencanangan Hutan Kota Salatiga, di Kecamatan Argomulyo, Rabu (25/2).

Menurut Bibit, Jawa Tengah memiliki potensi yang sangat besar di bidang persusuan, tetapi kualitasnya masih buruk. "Peternak sapi perah harus jujur, jangan sampai susunya dicampur-campur. Satu liter susu dicampur air seember, biar kelihatan putih dikasih santan," katanya.

Menurut dia, kualitas susu yang rendah itu yang membuat sebagian susu produksi peternak Jateng tidak terserap oleh industri. Selain itu, lanjutnya, peternak juga harus memahami teknik pemerahan yang benar. Misalnya 3-4 sendok pertama harus dibuang dulu karena kumannya banyak. Baru selanjutnya ditampung, kata Bibit.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com