Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Caleg Stres karena Bilangan Pembagi Pemilih

Kompas.com - 06/04/2009, 15:14 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Para calon anggota legislatif diminta untuk menyiapkan mental lantaran perolehan suara terbanyak tidak serta merta memastikan seorang caleg menjadi anggota DPR atau DPRD Provinsi Jatim.

Diperolehnya jabatan anggota legislatif hanya dipastikan oleh bilangan pembagi pemilih (BPP) yang memperhitungkan pula faktor lain selain perolehan suara terbanyak.

Demikian dikatakan anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jatim, Najib Hamid, di Surabaya, Senin (6/4). "Total di Jatim ada 1.655 caleg yang memperebutkan 100 kursi di tingkat DPRD Jatim. Artinya, sebanyak 1.500 caleg harus mempersiapkan mental," kata Najib.

Najib menjelaskan, perolehan suara terbanyak seorang caleg tidak menjadi jaminan lolosnya orang tersebut menjadi caleg. Sebab, harus diperhitungkan pula total perolehan suara partai dan besarnya suara sisa dalam BPP.

"Bila caleg A di partainya sudah mendapat suara banyak, harus dilihat juga perolehan suara partai dan sisa suara yang ada," kata Najib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com