Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Defisiensi Tingkatkan Risiko Operasi Caesar

Kompas.com - 18/04/2009, 05:39 WIB

New York, Kamis - Kekurangan kadar vitamin D dalam tubuh perempuan selama masa kehamilan meningkatkan risiko melahirkan dengan operasi caesar. Karena itu, asupan vitamin D dalam tubuh perlu diperhatikan sejak sebelum masa kehamilan.

Menurut hasil studi yang dipaparkan Dr Michael F Holick dan rekan-rekan, dari 253 perempuan yang melahirkan di Rumah Sakit Massachusetts, Boston, Amerika Serikat, mereka yang kekurangan kadar vitamin D memiliki risiko empat kali lebih tinggi untuk melahirkan secara caesar daripada para ibu dengan level vitamin D lebih tinggi.

”Vitamin D amat penting untuk fungsi otot,” kata Holick dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston kepada kantor berita Reuters, Kamis (17/4) di New York.

Level kebutuhan akan vitamin D setiap orang sangat bervariasi, tergantung dari suplementasi dan kemampuan kulit untuk mengubah paparan sinar matahari secara langsung menjadi 25-hidroxyvitamin D (25-OHD) dalam darah.

Holick dan timnya menilai kadar vitamin D dalam darah pascapersalinan pada ibu hamil rata-rata berusia 25 tahun dan tinggal di wilayah Boston. Sebanyak 130 perempuan hispanik, 29 wanita non-hispanik berkulit putih, dan 94 perempuan non-hispanik berkulit hitam.

Tim yang dipimpin Holick menetapkan defisiensi vitamin D di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dengan level kurang dari 37,5 nanomoles per liter (15 nanogram per mililiter) 25-OHD dalam darah.

Sebagaimana dilaporkan dalam Jurnal Endrokrinologi Klinik dan Metabolisme, para investigator mencatat persalinan caesar pada 25 persen dari para wanita dengan defisiensi vitamin D. Namun, persalinan caesar hanya dilakukan pada 14 persen dari mereka dengan level vitamin D di atas 37,5 nanomoles per liter.

Tim Holick juga mencatat, rata- rata kadar vitamin D lebih rendah pada para wanita yang melahirkan secara caesar daripada persalinan normal. (Reuters/EVY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com