Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Malaria Sebabkan Anemia!

Kompas.com - 22/04/2009, 17:18 WIB

KOMPAS.com — Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan parasit Plasmodium, yang hidup dan berkembang biak dalam sel darah merah manusia. Penyakit ini ditularkan melalui gigitan nyamuk malaria Anopheles betina dan mengandung parasit malaria, melalui gigitan itu parasit ditularkan kepada orang sehat.

Malaria membahayakan karena menyebabkan anemia atau kekurangan darah. Ini karena sel-sel darah merah banyak yang hancur dirusak oleh Plasmodium dan berkontribusi pada kematian ibu hamil. Penyakit ini juga bisa menyebabkan malaria berat sehingga mengakibatkan koma, kegagalan multi organ, serta menyebabkan kematian.

Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Direktorat Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Rita Kusriastuti, dalam acara peringatan Hari Malaria Sedunia, di Gedung Departemen Kesehatan, Jakarta, Rabu (22/4), menyatakan, penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang tinggal di daerah yang mempunyai banyak genangan air atau tempat perindukan yang sesuai untuk tempat berkembangbiaknya nyamuk malaria di daerah endemis malaria. "Banyak daerah di Indonesia termasuk endemis malaria," ujarnya menambahkan.

Masyarakat bisa memperoleh informasi lebih jauh tentang malaria di tempat pelayanan kesehatan, seperti puskesmas, posmaldes, di Dinas Kesehatan baik provinsi maupun kabupaten atau kota, dan Departemen Kesehatan, ujar Rita. Informasi tentang malaria juga bisa diperoleh melalui penyuluhan malaria, seperti leaflet, buku saku, dan buku pedoman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com