Memar, Jangan Dipijat Ya!

Kompas.com - 30/04/2009, 17:41 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika seseorang mengalami memar karena jatuh atau terbentur, hal yang pertama kali dilakukan adalah memijat. Masyarakat percaya dengan memijat dapat menyembuhkan. Namun, ternyata anggapan tersebut salah.

"Kalau memijat hanya untuk melemaskan otot itu masih boleh. Tapi kalau terjadi memar, dengan memijat justru akan membuat pendarahan yang semula terhenti akan terjadi lagi," kata dr Peni Kusumastuti, SpRM, spesialis saraf, saat media gathering bertajuk "Solusi Problem Tulang Belakang Secara Terpadu," di Jakarta, Kamis (30/4).

Peni menerangkan, pada saat terbentur memang terjadi pendarahan pada pembuluh. Namun, tubuh mempunyai kemampuan alami untuk memberhentikan pendarahan itu.

"Pada saat dipijat, memang terasa enak karena darah mengalir. Tapi justru itu yang memicu terjadi pendarahan lagi," terang Peni.

Dipijat, lanjut dia, justru akan menambah pembengkakan pada otot ligamen. Maka hal pertama yang harus dilakukan jika mengalami benturan yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah adalah segera menghentikan kegiatan dan lakukan pendinginan dengan pengompresan menggunakan es batu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.