Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menata Ulang Kamar Tidur, Ini Dia Caranya

Kompas.com - 11/05/2009, 18:30 WIB

Menata ulang kamar tidur tidak harus menghabiskan energi. Menata ulang kamar tidur dapat dilakukan secara sederhana, tidak melelahkan, dan tidak menguras kantong.

Membuat kamar tidur menjadi lebih menarik bisa dilakukan secara sederhana. Tak perlu sampai membongkar-bongkar elemen ruangan seperti plafon, dinding, atau lantai. Langkah paling sederhana, cukup dengan menata ulang furnitur, memberi warna-warna yang berbeda, dan menempatkan satu-dua elemen yang membuat ruang menjadi lebih nyaman. Semua itu dapat dilakukan kapan saja. Bisa saat senggang di hari kerja, atau saat akhir pekan, dimana kita biasanya memiliki waktu lebih lowong lebih banyak.

Galilah ide baru
Dalam menata ulang kamar tidur, hal penting yang perlu dilakukan adalah mencari ide penataan yang baru. Ide ini bisa didapatkan dari mana saja: literatur di buku, majalah, internet, atau dari teman. Yang juga tak kalah penting adalah: ide-ide ini hendaknya sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan kita. Hindari mengaplikasikan ide yang ternyata tak cocok dan tak membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman.

Ubahlah corak dan warna
Untuk memperoleh tampilan baru kamar tidur dalam waktu singkat, dapat dilakukan dengan cara-cara mudah. Misalnya mengubah corak warna beddings. Jika dulu lebih sering menggunakan tampilan beddings yang polos, maka untuk selanjutnya bisa dipilih corak warna yang berpola lain. Pilihan mana yang tepat terpulang kembali ke kepribadian kita masing-masing.

Ubah posisi furnitur 
Selain berbicara soal corak dan warna, mengubah suasana pada kamar tidur juga dapat dilakukan dengan menata ulang posisi furnitur. Dalam hal menata furnitur, paling tidak perhatikan ukuran dan desain furniturnya. Sebuah lemari berpintu ayun membutuhkan ruang lowong di hadapannya agar pintu dapat dibuka maksimal. Sebuah ranjang membutuhkan area lowong di kedua sisinya agar dapat berfungsi maksimal. Meja televisi hendaklah ditempatkan di hadapan ranjang agar siaran televisi dapat dinikmati sambil tiduran.

Gambarlah denah ruang
Dalam menata kamar tidur, kondisi ruang sangat berpengaruh. Karenanya, solusi penataan sebuah kamar tidur dengan kamar tidur lainnya bisa jadi berbeda. Untuk memudahkan dalam penataan ulang furnitur, coba gambarkan denah ruang. Tentukan posisi pintu dan jendela, atau elemen-elemen lain yang tidak atau sulit dipindahkan. Setelahnya, reka-reka dulu posisi seluruh funitur pada sebuah gambar denah.

Gambarlah denah, lengkap dengan ukuran ruang dan seluruh furnitur. Dengan demikian, ketika memang memutuskan untuk menggeser posisi furnitur, maka upaya geser menggeser itu tak akan sia-sia. Dengan begitu, kegiatan menata ulang dapat lebih cepat selesai dan kita bisa segera menikmati hasilnya. (tatang/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com