Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Kita Memutihkan Gigi?

Kompas.com - 03/06/2009, 19:49 WIB

KOMPAS.com — Banyak klinik gigi menawarkan perawatan memutihkan gigi. Amankah perawatan semacam ini?

Tahun 2005, Dental School University of Texas Health Science Center mengadakan penelitian. Ada 57 remaja berusia 12-17 tahun yang dijadikan responden. Mereka mendapatkan perawatan pemutihan gigi selama 2 minggu. Dari penelitian tersebut, ditemukan bahwa pemutihan gigi aman alias tidak berbahaya sama sekali.

Irwin Smigel, DDS, Presiden American Society for Dental Aesthetics di Amerika menjelaskan, "Terdapat ruang saraf yang cukup besar pada gigi remaja sehingga proses pemutihan gigi bisa lebih sakit. Tetapi, ada jarak yang cukup jauh antara enamel dengan ruang saraf tersebut sehingga proses pemutihan gigi bisa berlangsung aman."

Kesimpulannya: bila Anda sudah pernah mendapat perawatan sebelumnya, seperti melapisi dan menambal gigi, maka kesempatan untuk memutihkan gigi sudah tidak ada lagi. Bahan pemutih gigi dapat merusak tambalan atau lapisan enamel.

Fakta lain juga ada. Kali ini menyangkut wanita hamil. Jika Anda hamil, sebaiknya jangan melakukan proses pemutihan gigi. Kandungan pewarna yang terdapat pada pemutih gigi dikhawatirkan dapat merusak janin.

Untuk yang bergusi dan bergigi rapuh serta sensitif, sebaiknya juga tak melakukan pemutihan gigi. Apa pasal? Penelitian tahun 2002 yang dilakukan oleh University of  Southern California School of Dentistry menyebutkan bahwa pemutih gigi bisa menambah kadar sensitivitas pada gusi dan gigi yang sebelumnya memang sudah bermasalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com