Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Rekomendasikan Vaksin Anti Diare untuk Anak

Kompas.com - 06/06/2009, 04:13 WIB

GENEVA, KOMPAS.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar semua anak diberi vaksin anti-diare untuk menangkal rotavirus, yang merenggut setengah juta jiwa setiap tahun."Kebijakan baru ini akan membantu menjamin akses bagi vaksin rotavirus di negara-negara termiskin dunia," kata WHO dalam sebuah pernyataan, dengan mengingatkan bahwa lebih dari 85 persen kematian akibat diare terjadi di negara-negara berkembang di Afrika dan Asia.
       
Rekomendasi terakhir WHO itu disampaikan setelah pengujian klinis di Afrika Selatan dan Malawi yang mendapati bahwa vaksin itu mengurangi diare parah yang disebarkan oleh rotavirus. "Bukti baru dan rekomendasi WHO itu merupakan terobosan besar bagi kesehatan anak-anak kita," kata Oyewale Tomori, seorang mantan koordinator laboratorium WHO untuk Afrika.
       
"Kita membutuhkan segera vaksinasi penyelamat jiwa ini untuk melawan rotavirus," kata wanita itu. Tachi Yamada, kepala program kesehatan di Bill and Melinda Gates Foundation, mengatakan, rekomendasi itu "membuka jalan bagi vaksinasi yang akan melindungi anak-anak di dunia berkembang dari salah satu penyakit paling mematikan yang mereka hadapi".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com