Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengolah Produk Organik

Kompas.com - 07/06/2009, 14:02 WIB

KOMPAS.com — Agar Anda benar-benar dapat memperoleh manfaat dari produk organik yang dikonsumsi, perhatikan cara mengolahnya.

1. Untuk pengolahan, sesuaikan dengan kaidah mengolah makanan sehat.  Misalnya, konsumsi yang fresh cook. Hindari memasak sayur hingga overcook.
2. Konsumsi jus sebaiknya tak diblender terlalu halus, karena pisau blender menimbulkan panas dan merusak kandungan nutrisi pada buah atau sayur.
3. Untuk makan sehari-hari, usahakan mengonsumsi buah dan sayuran. Jika perlu, harus ada buah atau sayuran yang disantap mentah (raw). Konsumsi buah atau sayuran bervariasi, untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan fito nutrien.
4. Simpan sayur dan buah dalam kulkas, tetapi jangan sampai layu agar tak merusak kandungan nutrisinya. Untuk daging sapi atau ayam, sebaiknya dipotong-potong sesuai porsi makan sehari sebelum dimasukkan ke freezer. Jangan mencairkan dan memasukkan daging berkali-kali ke kulkas, karena dikhawatirkan akan terkontaminasi.

(Laili)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com