Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Obat Tidur Bikin Lansia Ingin Bunuh Diri!

Kompas.com - 08/06/2009, 18:13 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Orang tua yang mengkonsumsi obat tidur guna mengatasi kecemasan dan sulit tidur empat kali lebih berisiko melakukan bunuh diri dibanding yang tidak mengkonsumsinya. Demikian pendapat beberapa peneliti pekan ini.

Suatu kajian mengenai kasus bunuh diri oleh orang tua di kota Gothenburg, Swedia, dan dua kabupaten di dekatnya memperlihatkan obat anti-depresan, anti-psikotik, sedatif (obat tidur) dan hipnotik membuat orang tua lebih mungkin melakukan bunuh diri.

Anders Carlsten dan Margda Waern dari Gothenburg University melakukan studi kasus pemantauan guna memastikan apakah jenis tertentu obat psikoaktif berkaitan dengan risiko bunuh diri pada usia lanjut.

Menurut Carlsten, "Perawatan dengan menggunakan sedatif terkait dengan meningkatnya risiko bunuh diri 14 kali lipat dan tetap menjadi faktor risiko terpisah bagi tindakan bunuh diri apalagi ditambah dengan adanya gangguan mental. Sementara, pemberian resep obat hipnotik terkait dengan meningkatnya risiko bunuh diri hingga empat kali lipat."
    
Mereka mengkaji catatan 85 pria dan wanita yang berusia di atas 65 tahun yang melakukan bunuh diri dan membandingkan mereka dengan satu kelompok orang yang berusia lanjut dari kalangan masyarakat umum yang tak melakukan bunuh diri.

Setelah mencocokkan kondisi kejiwaan, semua pasien yang mengonsumsi sedatif dan hipnotik untuk mengatasi gangguan tidur empat kali lebih mungkin untuk melakukan bunuh diri, kata Carlsten.
    
"Para dokter perlu berhati-hati mengenai ini, karena obat ini diberikan secara luas buat orang yang berusia lanjut," tulis para peneliti itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com