Pilah Pilih Bahan Organik

Kompas.com - 11/06/2009, 11:31 WIB
Editor

Salah satu tren hidup sehat yang banyak diminati adalah penggunaan bahan makanan organik. Sebelum membeli, ada baiknya memperhatikan saran dari Mayo Clinic berikut ini.

1. Perhatikan label makanan.
Seratus persen organik berarti produk seluruhnya organik atau dibuat dari bahan-bahan organik. Disebut organik bila produk setidaknya 95 persen organik. Dibuat dengan bahan organik menunjukkan bahwa produk setidaknya 70 persen organik. Produk yang mengandung kurang dari 70 persen bahan organik tidak dapat disebut organik.

2. Baca label makanan secara berhati-hati.
Hanya karena produk organik atau mengandung bahan organik, bukan berarti menjadi alternatif lebih sehat. Beberapa produk organik tetap tinggi gula, garam, lemak, kalori.

3. Jangan bingung pilih makanan alami dan organik.
Makanan organik biasanya memberi label organik. Karena itu tetap perhatikan kandungannya.

4. Cuci semua sayur dan buah dengan air mengalir untuk membersihkan kotoran dan mengurangi bakteri.  Gunakan sikat kecil, misalnya saat mencuci apel, kentang, timun, dan produk lain agar lebih bersih saat dikonsumsi.

5. Kualitas produk organik tidak berbeda dengan makanan biasa.
Perbedaan hanya pada bagaimana makanan diproduksi, diproses, dan ditangani. Anda mungkin menjumpai bahwa sayur dan buah organik cepat rusak karena tidak ditangani dengan pengawet atau lilin. Untuk urusan penampilan, produk organik tidak terlalu sempurna.

6. Sebagian orang membeli produk organik guna membatasi paparan residu pestisida yang digunakan pada pertanian konvensional. Praktik pertanian organik dirancang untuk memberi manfaat bagi lingkungan dengan mengurangi polusi serta menjaga kelestarian air dan tanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.