Berapa Cangkir Kopi Anda Minum dalam Sehari?

Kompas.com - 13/06/2009, 20:55 WIB
Editor

KOMPAS.com - Berapa banyak cangkir kopi yang Anda nikmati setiap harinya? Jika Anda masuk dalam kategori penggemar berat minuman pekat hitam ini, 5 cangkir bisa jadi batas minimum yang Anda miliki. Apakah ini batasan aman untuk menyelamatkan Anda dari gangguan kesehatan?

Jawabannya, jumlah tersebut bukan lah batasan aman bagi kesehatan. Dari suatu penelitian yang dilakukan kepada 259 perempuan, hampir separuh responden setiap harinya mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi. Jumlah ini ternyata merujuk pada inkontinensia.

Inkontinensia adalah gangguan kandung kemih akibat otot-otot dasar kandung kemih dan dinding saluran kencing tidak bisa mengatur pengeluaran kemih. Artinya, mereka yang mengalami kondisi ini akan mengompol setiap saat.

Lily A.Arya, MD, ketua penelitian dari University of Pennsylvania menjelaskan asupan kafein yang berlebihan merusak otot-otot dasar kandung kemih secara permanen. Tidak hanya itu, kafein yang berlebihan juga mempertinggi risiko terjadinya Alzheimer.

Tetapi bukankah kopi juga memiliki antioksidan? Oleh karena itu, butuh hitung-hitungan setiap kali menyeruput kopi dari bibir cangkir. Idealnya kafein yang aman masuk ke dalam tubuh adalah 200-300 mg per hari. Jumlah ini sama dengan 2-3 cangkir. Mulai sekarang, takarlah kopi Anda dengan benar.

 

(Siagian Priska)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.